Jumat, 20 Okt 2017 07:08 WIB

Laptop Mau Pakai Prosesor Ponsel, Baterainya Tahan Berhari-hari

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Tak hanya ponsel, prosesor ARM juga diproyeksikan bakal dibenamkan di laptop. Menariknya, bila ini terjadi pengguna mungkin tak harus mengisi ulang daya selama berhari-hari.

Informasi ini dibuktikan sendiri oleh Microsoft yang tengah menguji laptop bertenaga prosesor Qualcomm. Menurut raksasa software itu, kombinasi Windows 10 dan penggunaan prosesor Qualcomm di laptop telah memungkinkan ketahanan baterai yang mencapai berhari-hari.

Sayang tak ada informasi detail yang menyertai, tapi pastinya laptop hasil kerjasama Microsoft dan Qualcomm dijanjikan akan diumumkan sebelum akhir 2017.

Namun seperti dikutip detikINET dari The Register, Jumat (20/20/2017), kabarnya kedua perusahaan sebatas mengumumkannya saja. Sejauh ini belum ketahuan kapan produk finalnya akan diluncurkan.

Meski begitu sejumlah produsen seperti Asus, HP, dan Lenovo disebut-sebut tertarik akan ikut meluncurkan laptop dengan prosesor ARM bila perangkat ini benar-benar dirilis nanti.

Klaim ketahanan baterai yang bisa sampai berhari-hari sejatinya tak lepas dengan kebutuhan daya prosesor ARM yang memang sangat rendah. Sebuah ponsel saja dengan baterai 3.000 mAh saja bisa bertahan seharian penuh, apalagi laptop yang umumnya punya baterai lebih besar.

Selain itu, pabrikasi prosesor yang semakin kecil juga memungkinkan konsumsi daya yang semakin efisien.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed