Kamis, 19 Okt 2017 10:40 WIB

Ada Chip Khusus Misterius di Google Pixel 2

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Google Pixel 2. Foto: Ars Technica Google Pixel 2. Foto: Ars Technica
Jakarta - Ada satu hal yang tak diumumkan oleh Google saat meluncurkan Pixel 2 awal Oktober lalu, yaitu chip pengolah gambar khusus yang dipakai di ponsel tersebut.

System on a chip (SOC) itu bernama Pixel Visual Core, dan ini adalah SOC pertama Google untuk produk consumer. Chip ini bisa dibilang adalah penyederhanaan prosesor seperti Snapdragon, Exynos, dan lainnya.

Disebut sederhana karena tugas chip ini hanya melakukan pengolahan gambar HDR+, yang membuat kualitas foto yang dihasilkan Pixel 2 menjadi superior ketimbang ponsel lain di pasaran. Chip ini membuat pengolahan gambar di ponsel lebih lancar dan cepat.

Ke depannya, Google juga berencana untuk membuka chip ini agar bisa digunakan di aplikasi kamera lain buatan pihak ketiga, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (18/10/2017).

Chip ini sebenarnya sudah ada di dalam Pixel 2 dan Pixel 2 XL, namun chip tersebut saat ini belum berfungsi. Google menyebut aktivasi chip tersebut baru akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang. Kemungkinan besar Google belum mengaktifkan chip ini karena mereka belum selesai mengoptimasi implementasi Pixel Visual Core.

Dan jika nantinya sudah bisa diaktifkan, tentu kamera Pixel 2 akan semakin kencang pemrosesan gambarnya, karena saat ini saja pengolahan gambar HDR di Pixel 2 sudah jauh lebih kencang ketimbang Pixel generasi pertama. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed