Selasa, 10 Okt 2017 10:47 WIB

Aplikasi Uber Ketahuan Rekam Layar iPhone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Aplikasi Uber. Foto: detikINET/afr Aplikasi Uber. Foto: detikINET/afr
Jakarta - Kontroversi soal layanan ridesharing Uber belum berakhir. Kali ini mereka ketahuan bisa merekam apa pun yang ada di layar iPhone.

Menurut sejumlah peneliti keamanan, aplikasi Uber punya izin khusus yang membolehkan mereka merekam apapun yang ada di layar iPhone, mulai dari password sampai gambar. Disebut izin khusus karena aplikasi lain tak bisa mendapat izin serupa.

Parahnya, fitur ini bisa diaktifkan tanpa perlu membuka aplikasi Uber. Namun Uber berkilah bahwa fitur ini tak mereka gunakan dan akan segera dihapus dari aplikasinya, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (10/10/2017).

Izin untuk merekam layar ini seharusnya datang dari Apple sebagai si empunya iOS. Namun hal ini tentu sangat tak biasa dan sangat aneh bagi seorang peneliti keamanan bernama Will Strafach, yang juga menyebut kalau aplikasi-aplikasi lain dipastikan tak bisa mendapat fitur serupa dari Apple.

Dalam pernyataannya, Uber menyebut fitur ini diberikan ke mereka agar bisa beroperasi lebih baik di Apple Watch. Izin ini pun, masih menurut Uber, hanya sempat digunakan dalam waktu yang singkat, pun untuk aplikasi versi jadul di Apple Watch.

Kini Uber mengaku sudah tak membutuhkan fitur tersebut karena limitasi memori di Apple Watch sudah diperbaiki, begitu juga dengan aplikasi Ubernya yang sudah diperbarui. Jadi mereka tak membutuhkan fitur tersebut lagi. (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed