Selasa, 10 Okt 2017 09:49 WIB

Bisa Jepret Otomatis, Kamera Pintar Google Dikritik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Google Clips. Foto: google Google Clips. Foto: google
Jakarta - CEO Tesla Elon Musk -- sering dijuluki sebagai Iron Man -- sudah sering mengkritisi teknologi kecerdasan buatan (AI), dan kini korban terbarunya adalah Google Clips.

Menurut Musk, Clips jelas-jelas merupakan sebuah pelanggaran privasi. Kritik Musk itu dilontarkan melalui akun Twitter pribadinya, yaitu @elonmusk.

"This doesn't even *seem* innocent," tulis Musk membalas postingan Twitter The Verge terkait artikel soal Clips.

Clips adalah sebuah kamera mini yang berbasis pada AI untuk mengenali wajah orang-orang yang mungkin berhubungan dengan si pemilik kamera. Saat Clips menemukan wajah tersebut, ia akan memotret secara otomatis tanpa diketahui oleh si objek.

Meski memang sebenarnya lampu di Clips akan menyala saat ia memotret, namun kemungkinan banyak orang tak akan mengindahkan hal tersebut, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Senin (9/10/2017).

Google sendiri menolak mengomentari kritikan Musk terhadap Clips tersebut. Namun sebelumnya juru bicara Google pernah menjelaskan prinsip kerja Clips, yang tak akan membagikan konten yang direkamnya sampai si pemilik kamera memutuskan untuk menyimpan foto tersebut dan membagikannya melalui internet.

Posisi Musk dalam kecerdasan buatan memang sudah jelas, yaitu berada pada pihak yang kontra terhadap teknologi tersebut. Sebelumnya ia pernah menyatakan kalau kecerdasan buatan nantinya bisa memicu Perang Dunia 3, maka dari itu teknologi ini harus segera dibuatkan regulasinya. (asj/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed