Minggu, 08 Okt 2017 19:30 WIB

Haul ke-6 Steve Jobs, Cook: Masih Menginspirasi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Steve Jobs memang sudah meninggal sejak enam tahun lalu, namun jasa yang ditorehkan masih terasa. CEO Apple Tim Cook merasakan betul hal tersebut.

Jobs mangkat pada 5 Oktober 2011 di usianya yang ke-56 tahun akibat penyakit kompilasi kanker pankreas yang dideritanya. Di haul yang ke-6, Cook masih teringat peran Jobs membangun dinasti Apple hingga besar seperti sekarang ini.

"Mengingat Steve hari ini. Masih bersama kita, masih menginspirasi kita. "Buat sesuatu yang menakjubkan dan meletakannya di sana," kata Cook di akun Twitter-nya.

Sikap mengenang Cook bukan hanya saja terjadi di hari kematiannya Jobs. Sebelum merilis produk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X pada September kemarin, Cook mengawalinya dengan menceritakan kisah tentang Jobs di Apple.

Bersama Steve Wozniak, Jobs merintis Apple dari nol. Keduanya pertama kali bertemu tahun 1971. Pada 1975, Wozniak bekerja di Hewlett-Packard dan membantu Jobs mendesain video game untuk Atari. Dan, 1 April 1976, perusahaan bernama Apple terbentuk.

Produk seperti Macintosh, iMac, MacBook, iPhone, iPod, iPad, sampai Apple Watch berhasil diproduksi oleh Apple melalui kepemimpinan Steve Jobs sebagai CEO-nya.

Januari 2009, Cook mengisi posisi CEO Apple untuk menggantikan Jobs, di mana saat itu Jobs harus cuti sampai akhir Juni 2009 karena masalah kesehatan.

Di pertengahan tahun 2011, Jobs mulai kewalahan menghadapi penyakit kanker pankreas yang hinggap di dalam tubuhnya selama bertahun-tahun. Posisi CEO kemudian diserahkan lagi ke tangan Cook, tepatnya tanggal 24 Agustus 2011. Lalu, Jobs pun menyerah melawan penyakitnya pada 5 Oktober 2011.


(asj/asj)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed