Jumat, 06 Okt 2017 18:20 WIB

Bosan Android? Ganti OS Ini Siapkan Rp 700 Ribu

Yudhianto - detikInet
Xperia X. Foto: sony Xperia X. Foto: sony
Jakarta - Jarang terdengar, bukan berarti Jolla tenggelam. Perusahaan asal Finlandia baru saja menawarkan sistem operasi lain bagi pengguna ponsel Android, tapi baru untuk Sony Xperia X.

Seperti diketahui Xperia X hadir dengan sistem operasi Android. Nah, bagi yang merasa bosan dengan Android, Jolla memberikan alternatif. Sistem operasi yang dimaksud dinamai Sailfish X.

Jolla menjanjikan pengguna Xperia X bisa dengam mudah membenamkan Sailfish X. Tapi memang ada harga yang harus dibayar. Jolla membanderolnya senilai 50 euro atau sekitar Rp 700 ribuan bagi yang berminat.

Kenapa bayar? Jangan bandingkan OS Sailfish dengan Android yang digratis oleh pembesutnya. Sistem operasi tersebut aslinya merupakan eksklusif untuk tablet Jolla. Perusahaan ini juga membuatnya dari awal, sehingga tak mengejutkan kalau ada harga yang harus dibayar.



Nantinya pengguna yang telah membelinya akan memperoleh file image berisi OS tersebut. Meski tak dijelaskan, untuk instalasi sepertinya akan mudah dilakukan.

Sayang OS Sailfish belum akan dipasarkan secara global. Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (6/10/2017), Sailfish baru ditawarkan di negara-negara Eropa.

(yud/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • WhatsApp Bisa Dipakai Transfer Uang

    WhatsApp Bisa Dipakai Transfer Uang

    Minggu, 18 Feb 2018 19:16 WIB
    Fungsi berkirim uang di layanan WhatsApp bukan sekadar gosip. WhatsApp sudah merilis fungsi transfer uang ini bagi para pengguna di India.
  • Bapak Android Jual Ponsel 3 Warna Terbatas 

    Bapak Android Jual Ponsel 3 Warna Terbatas 

    Minggu, 18 Feb 2018 10:29 WIB
    Essential merilis tiga warna edisi terbatas untuk ponsel perdananya. Ketiga ponsel dengan penamaan warna yang unik ini akan mulai dijual pekan depan. 
     
  • Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Terkuak, Spek Samsung Galaxy J4 (2018)

    Minggu, 18 Feb 2018 08:16 WIB
    Tak hanya fokus menggarap ponsel flagship Galaxy S9, Samsung juga kabarnya menyiapkan ponsel kelas entry-level terbaru di tahun ini.