BERITA TERBARU
Jumat, 06 Okt 2017 15:59 WIB

Lawan Kamera iPhone, Google Pakai Kecerdasan Buatan

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Ars Technica Foto: Ars Technica
Jakarta - Google punya cara keren untuk melawan kamera iPhone yang mumpuni. Bukan mengungguli lewat hardware, raksasa pencarian internet itu memakai kecerdasan buatan (AI).

Saat merilis Pixel 2 beberapa hari lalu, Google mengklaim ponselnya itu punya kamera terbaik saat ini. Klaim tersebut turut diperkuat dengan hasil benchmark dari DoXMark dengan nilai 98, tertinggi saat ini.

Rahasianya, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat itu berhasil meningkatkan formula yang memadukan teknik HDR dan fotografi komputasional untuk menghasilkan jepretan yang lebih baik.

Selain itu, Google menerapkan penggabungan optical image stabilisation (OIS) dan electronic image stabilisation (EIS) untuk pengambilan foto maupun video. Cara ini masih jarang diterapkan di smartphone yang ada di pasaran.

Tapi paling menarik, Pixel 2 punya kemampuan bokeh hanya menggunakan satu kamera. Padahal kebanyakan ponsel lain, termasuk iPhone, menggunakan dua kamera untuk menghasilkan hal tersebut.

"Karena sistem dua pixel sensor dan HDR+, kami bisa mendapatkan banyak gambar dari satu kamera dari setiap jepretan. Jadi bila digabungkan dengan sejumlah perhitungan yang gila, kita bisa mendapatkan peta kedalaman dalam sebuah scene," jelas Brian Rakowski, Vice President Manager Google seperti dikutip dari Guardian.

"Kami bisa melakukan dengan satu kamera, yang berarti kami bisa melakukannya di kamera belakang dan di kamera selfie. Sebagian besar ponsel membutuhkan dua kamera untuk melakukan itu, tapi kami bisa melakukannya sangat baik dengan satu kamera," imbuhnya.

Lawan Kamera iPhone, Google Pakai Kecerdasan BuatanFoto: istimewa


Informasi kedalaman yang ditangkap kamera Pixel 2 digunakan untuk mengindentifikasi apa yang ada di depan untuk melakukan blur secara artifisial di latar belakang. Sehingga hasil potret mode di Pixel 2 diklaim sama seperti kamera DSLR.

Tapi keunggulan kamera Pixel 2 tidak hanya itu. Google menggunakan informasi kedalaman dari kamera untuk pengalaman augmented-reality. Ada juga fitur Lens untuk mendeteksi informasi sebuah benda, seperti landmark atau cover buku.

Pengguna dua ponsel Pixel ini juga masih mendapatkan kuota Google Photos tak terbatas untuk foto tak terkompres, sama seperti Pixel generasi pertama.

"Pengguna Pixel rata-rata menympan foto dan video sebesar 23 GB setiap tahunnya, di sini pentingnya penyimpanan gratis. Jika menggunakan iCloud, maka dalam tiga bulan jatah penyimpanan gratisnya sudah habis," ujar Mario Queiroz, VP product management Google saat peluncuran Pixel 2 dan 2 XL.

Melihat semuanya tadi, Google telah berhasil menyaingin kamera iPhone dengan cara yang keren. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed