Rabu, 04 Okt 2017 08:23 WIB

Face ID di iPhone X Baru Bisa Ditiru Dua Tahun Lagi

Adi Fida Rahman - detikInet
iPhone X. Foto: Apple iPhone X. Foto: Apple
Jakarta - Fitur baru iPhone kerap langsung ditiru Android tak lama setelah dirilis. Tapi untuk kamera Face ID butuh waktu lama.

Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo sempat mengestimasi butuh sekitar 1 - 2 tahun untuk vendor Android untuk menghadirkan kamera TrueDepth yang dipakai di fitur Face ID. Namun estimasi tersebut direvisi menjadi dua setengah tahun.

Ini setelah Kuo menyaksikan demonstrasi teknis kamera TrueDepth secara rinci. Karena itu dia lantas yakin butuh waktu lebih lama bagi vendor ponsel Android untuk meniru kemampuan yang sama.

Berkat teknologi TrueDepth ini akan membawa Apple menjadi yang terdepan dalam teknologi mobile sepanjang 2018 dan 2019. Kuo jadi punya kepercayaan penuh akan pertumbuhan iPhone selama beberapa tahun ke depan.

Itu sebabnya, KGI Securities merevisi perkiraan penjualan iPhone X sepanjang 2017. Awalnya mereka hanya memperkirakan ponsel anyar Apple itu terjual 30 juta unit, namun kini menjadi 35 juta unit.

Untuk diketahui, lantaran iPhone X tidak dibekali Touch ID, maka Apple menghadirkan Face ID untuk keamanan perangkat. Menariknya, fitur FaceID diklaim Apple jauh lebih aman ketimbang sensor sidik jarinya. Bila Touch ID punya tingkat error 1: 50.000, maka Face ID lebih baik, yakni 1: 1.000.000.

Fitur ini pun akan secara otomatis memindai dan mengonfirmasi identitas pengguna tanpa harus menekan tombol. Agar punya kemampuan ini, Face ID menggunakan beberapa jaringan syaraf tiruan yang dibangun dalam neural engine dalam prosesor A11 Bionic untuk memproses data pengenalan wajah.

Dalam proses pemindaian, Apple membekali iPhone X dengan TrueDepth Camera untuk melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga mendapatkan gambaran rinci semua wajah pengguna.

Dengan perbekalan tersebut ditambah kecerdasan prosesor A11 Bionic, Apple mengklaim iPhone X sangat aman. Susah bagi seseorang untuk memalsukan pemindaian wajah lewat foto dan lain-lain.

Lantas bagaimana jika pengguna menggunakan kacamata atau tumbuh jambang di wajah? Face ID tetap bisa mengenali. Fitur ini melakukan pemetaan 30 ribu titik di wajah pengguna, sehingga dapat menyesuaikan perubahan wajah dari waktu ke waktu.

Jadi baik kamu berkacamata, punya potongan rambut berbeda atau menjadi lebih kurus dari sebelumnya, Face ID tetep mengenali. Bahkan ketika kamu melakukan make up yang membuat tampilan berubah pun fitur ini masih mengenali. Setidaknya, begitulah teorinya.

Terkait fungsi, selain untuk membuka ponsel dan menjaga keamanan iPhone X, Face ID punya kemampuan lain. Pengguna dapat menggunakan Face ID untuk pembayaran Apple Pay.

Selain itu, Fitur TrueDepth Camera menangkap dan menganalisis lebih dari 50 gerakan otot yang berbeda. Selanjutnya pengguna dapat mengekspresikan diri dengan 12 animoji, ada panda, kucing, alien dan lain-lain

(afr/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed