Google Assistant Sudah Bisa Dipakai di Android TV

Google Assistant Sudah Bisa Dipakai di Android TV

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 30 Sep 2017 10:39 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Jakarta - Google menepati janjinya menghadirkan Google Assistant ke Android TV, tepatnya enam bulan setelah mengumumkan rencananya tersebut.

Asisten digital Google itu akan tersedia ke sejumlah perangkat Android TV secara bertahap mulai hari ini. Perangkat pertama yang sudah bisa mencicipi Google Assistant adalah Nvidia Shield TV, yang akan dilanjutkan dengan perangkat TV Sony Bravia pada beberapa bulan mendatang.

Google Assistant akan muncul di Shield TV sebagai sebuah pembaruan. Pengguna harus menyetujui pembaruan tersebut dan menekan tombol mikrofon pada remote setelah perangkatnya di-restart.

Asisten digital ini membuat pengguna bisa memerintahkan Shield TV untuk memutar konten tertentu hanya dengan berbicara. Konten yang bisa diputar menggunakan perintah suara ini sangat beragam, baik film, serial TV sampai video di YouTube.

Aplikasi video streaming seperti HBO Now, Netflix, dan sejenisnya pun sudah didukung oleh Google Assistant ini. Alhasil pengguna pun cukup menggunakan perintah suara untuk memutar video tertentu di layanan tersebut.

Tak sekadar memutar konten video, Google Assistant juga bisa menyampaikan berita-berita yang mungkin belum dibaca oleh penggunanya, dari berita ekonomi, bisnis, sampai ke teknologi. (rns/rns)