Jumat, 29 Sep 2017 12:32 WIB

GoPro Hero 6 Black Dirilis Bareng Kamera Fusion 360

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
GoPro Hero 6 Black. Foto: GoPro GoPro Hero 6 Black. Foto: GoPro
Jakarta - GoPro resmi meluncurkan generasi terbaru produk flagship mereka yaitu Hero 6 Black. Dalam acara yang bertempat di Museum Academy of Science, San Fransisco, Nick Woodman selaku CEO turun langsung untuk memperkenalkan action camera teranyar dari GoPro tersebut.

Dari segi desain, Hero 6 Black tak memiliki perubahan signifikan dibanding Hero 5. Pengembangan paling menonjol dari pendahulunya adalah kemampuan menangkap gambar kualitas 4K pada 60fps. Dengan begitu, kamera ini memungkinkan menciptakan rekaman slow-motion yang mulus.

Selain itu, Hero 6 Black juga dapat mengambil gambar 2,7K pada 120fps dan 1080p pada 240fps. Hal tersebut membuat rekaman dari kamera ini mampu diputar mundur serta diperlambat hingga 10x tanpa cacat, seperti dilansir detikINET dari The Verge pada Jumat (29/9/2017).

Hasil tangkapan gambar tersebut dapat dikirim secara wireless ke smartphone pengguna melalui 5GHz Wi-Fi, yang menurut GoPro sendiri memiliki kecepatan 3 kali lipat dari pendahulunya.

Hero 6 Black masih mengadopsi kamera 12 megapixel, dengan format foto yang dihasilkan dapat berupa JPG, RAW, atau mode Wide Dynamic Range. Meskipun begitu, kamera ini menawarkan kualitas gambar lebih baik dalam kondisi apapun, termasuk saat cahaya sedang redup.

Beberapa fitur tambahan yang dihadirkan oleh Hero 6 Black yaitu waterproof hingga 33 kaki (10 meter) di bawah permukaan air, GPS, voice controls, LCD touchscreen berukuran 2 inch di bagian belakang, instant-offloading, serta instant-editing.

Ditanamkannya prosesor terbaru, yang diciptakan oleh Socionext khusus untuk GoPro, bernama GP1, memungkinkan Hero 6 Black untuk menghadirkan image stabilization yang lebih baik secara digital. GoPro mengaku chip tersebut sudah disiapkan selama 3 tahun belakangan.

Hero 6 Black sudah mulai dipasarkan sejak peluncuran resminya dengan harga USD 499, lebih mahal USD 100 dari harga Hero 5 Black ketika pertama kali diluncurkan.

Kamera Fusion 360

Selain peluncuran dari Hero 6 Black, dalam acara tersebut GoPro juga resmi merilis kamera 360 bernama Fusion 360 Camera dan beberapa penambahan fitur pada drone Karma.
GoPro Hero 6 Black Diresmikan Bareng Kamera Fusion 360Foto: GoPro

Fusion 360 Camera sendiri memiliki dua lensa yang mampu mengambil video 5,2K pada 30fps menggunakan kamera 18 megapixel. Produk ini akan mulai tersedia pada November tahun ini dengan harga USD 699.

Sedangkan fitur terbaru pada drone Karma merupakan pelacak GPS yang meliputi mode 'Watch' dan 'Follow' pada alat kontrol drone tersebut. (fyk/fyk)