Adu Banting iPhone 8 vs Galaxy Note 8, Kuat Mana?

Adu Banting iPhone 8 vs Galaxy Note 8, Kuat Mana?

Yudhianto - detikInet
Rabu, 27 Sep 2017 08:13 WIB
iPhone 8 vs Galaxy Note 8. Foto: istimewa
Jakarta - Belum lama meluncur, baik iPhone 8 maupun Galaxy Note 8 sudah melewati pengujian sendiri-sendiri. Nah, sekarang giliran keduanya disiksa bersamaan. Kuat mana?

Siksaan yang dilakukan seorang reviewer bernama @phonebuff dilakukan dengan cara menjatuhkan kedua ponsel dari ketinggian sekitar satu meter. Tapi di bawahnya diletakkan potongan beton yang akan jadi landasan jatuh iPhone 8 dan galaxy Note 8.

Seperti diketahui, iPhone 8 dan Galaxy Note 8 mengusung desain bodi dengan lapisan kaca. Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan sekuat apa lapisan kaca di kedua ponsel.

Pengujian pertama adalah menjatuhkan keduanya di mana bodi belakang menjadi tumpuan. Di pengujian ini, bodi belakang iPhone 8 dan Galaxy Note 8 dipastikan retak. Namun iPhone 8 kerusakannya terlihat lebih luas, dibanding Galaxy Note 8 yang retaknya mendominasi di bagian atas bodi belakangnya.

Berlanjut ke pengujian kedua, siksaan mengarah pada bagian bezel kedua ponsel. Hasilnya, tak ada kerusakan serius bagi iPhone 8 dan Galaxy Note 8. Hanya ada lecet ringan yang tidak terlalu serius.

Pengujian ketiga bisa dibilang cukup krusial. Pasalnya kali ini bagian layar yang akan dijatuhkan menghadap landasan beton. Dan hasilnya, layar iPhone 8 retaknya cukup luas. Sementara Galaxy Note 8 keretakannya terdapat di bagian sisi-sisi layarnya.

Meski retak, tak ada masalah dengan fungsinya. Sentuhan di layar tetap responsif dan nyaman digunakan di kedua ponsel.

Masuk pengujian bonus, lebih parah dari pengujian ketiga. Kedua ponsel dijatuhkan sampai sepuluh kali di bagian layarnya. Galaxy Note 8 bisa dibilang berhasil melalui pengujian ini. Mekski retak di layarnya melebar, tapi secara fungsi masih lancar. Kerusakan justru terasa di sektor kamera yang jadi tidak bisa diakses.

Nasib iPhone 8 jauh lebih parah. Tak hanya bagian layarnya yang bahkan sampai mati di beberapa sisinya, lapisan kaca di bodi belakangnya juga ada yang terlepas, sehingga memperlihatkan bagian rangkanya.

Lantas mana yang lebih baik berdasarkan pengujian di atas? Anda sendiri yang menentukan. Simak video lengkap pengujiannya berikut.

(yud/yud)