Sabtu, 23 Sep 2017 08:20 WIB

Tesla Kembangkan Prosesor Bareng AMD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Elon Musk Foto: Elon Musk
Jakarta - Niat Tesla mengembangkan mobil otonom membuat mereka harus mengembangkan hardware dan software khusus, dan untuk pengembangan hardware -- khususnya chip -- mereka menggandeng AMD.

AMD kabarnya digandeng Tesla untuk mengurangi ketergantungan pasokan chip dari Nvidia. Chip dari produsen kartu grafis itu disebut sangat krusial untuk sistem semi autopilot yang saat ini digunakan oleh Tesla.

Seorang sumber yang mengaku mengetahui masalah ini menyebut jika AMD digaet untuk memoles chip buatan Tesla. Dan baru-baru ini AMD sudah mengirimkan kembali sampel chip mobil otonom pertamanya ke Tesla.

Tujuan untuk membangun chipnya sendiri ini searah dengan keinginan Tesla untuk mengurangi ketergantungan dari perusahaan lain. Tesla sendiri kini mempunyai Jim Keller, arsitek chip veteran yang sebelumnya bekerja di Appla dan AMD.

Di Tesla Keller adalah bos hardware Autopilot yang memimpin sebuah tim beranggotakan 50 orang, yang sebagian di antaranya berasal dari AMD. Setelah membajak Keller, Tesla memang merekrut sejumlah pegawai AMD lain.

Sebelum Nvidia, Tesla sebelumnya bergantung pada chip buatan Mobileye, perusahaan asal Israel yang sudah diakuisisi oleh Intel senilai lebih dari USD 15 miliar, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (23/9/2017). (asj/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed