Kamis, 14 Sep 2017 16:35 WIB

Kritikan Keras Buat iPhone 8 dan iPhone X

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: iPhone X Foto: iPhone X
Jakarta - iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X telah diluncurkan Apple. Tentu banyak yang memujinya, tapi jelas tak sedikit pula yang mengkritik. Malah katanya, Apple kali ini miskin inovasi.

"Apa sih yang sungguh baru di iPhone 8 dan 8 Plus? Adanya wireless charging adalah perubahan terbesar. Tapi smartphone Android, Windows 10, Windows Phone dan bahkan WebOS telah menggunakannya selama bertahun-tahun," sebut Ewan Spence, kolumnis teknologi Forbes yang dikutip detikINET.

Ewan berpendapat hanya ada sedikit hal baru di iPhone 8 sehingga kecil kemungkinan dapat menggoda pengguna ponsel selain pemakai iPhone. Lalu bagaimana dengan iPhone X?

"Paket keseluruhannya terasa datar saja. Bezelnya memang mengecil, tapi tidak benar-benar lenyap. Note 8 masih memiliki persentase layar lebih besar dibanding iPhone X," sergahnya.

"Layar OLED juga bukan teknologi baru. Apple membelinya dari Samsung dan perusahaan asal Korea Selatan ini telah melengkapi handsetnya dengan layar OLED di resolusi lebih tinggi dari iPhone X selama bertahun-tahun," tambah Ewan.



Ia juga menilai pengoperasian iPhone X cukup ribet. Sedangkan pemindai wajah Face ID cukup dipujinya meskipun penempatan sensornya yang berada di atas layar cukup mengganggu.

Secara umum, Ewan menganggap tidak ada hal yang benar-benar memukau di iPhone generasi baru. Apple hanya mengambil langkah aman, padahal kalau mau misalnya mereka bisa lebih dalam menjelaskan kemampuan Augmented Reality di iPhone terbaru. Tapi mereka tak melakukannya.

"Apple memutuskan memberi sesedikit mungkin kemajuan di hardware untuk memaksimalkan pendapatan mereka dan memastikan loyalis terus melakukan upgrade dan berada di jalan Apple," tulisnya.

"Apple memutuskan mereka tak ingin mendefinisikan masa depan. Mereka bahagia melakukan update seaman mungkin, meluncurkan iPhone dengan glamor dan mengambil uang Anda," pungkasnya. (fyk/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed