Kamis, 14 Sep 2017 09:54 WIB

Penyebab Face ID iPhone X Gagal dan Permalukan Bos Apple

Adi Fida Rahman - detikInet
Momen bos Apple gagal pakai Face ID. Foto: istimewa Momen bos Apple gagal pakai Face ID. Foto: istimewa
Jakarta - Fitur Face ID sempat gagal didemokan oleh Vice President Apple Craig Federighi. Apakah fitur di iPhone X ini memang belum sempurna?

Setiap fitur yang dihadirkan Apple di semua perangkatnya pastilah sudah melewati serangkaian pengujian. Jadi kecil kemungkinan bila fitur yang belum sempurna akan dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu.

Jadi kenapa Face ID sempat gagal saat dicoba bos Apple? Ternyata, kejadian itu lebih pada masalah teknis saja. Bila dilihat lebih seksama saat Federighi gagal mencoba Face ID, kita akan melihat pesan yang cukup familiar.

Tertera 'Your Passcode is required to enable Face ID'. Pesan yang sama akan muncul setiap kali kita me-restart iPhone dan langsung menggunakan Touch ID.

Jadi kita harus memasukkan PIN Passcode terlebih dahulu, kemudian barulah fitur Face ID maupun Touch ID bisa digunakan. Ini akan berulang ketika kita me-restart perangkat.


Nah kemungkinan Federighi tidak mengetahui jika iPhone X yang digunakan untuk demo baru saja dihidupkan atau di-restart. Alhasil demo yang dilakukannya sempat gagal, meski kemudian dia berhasil unjuk kebolehan fitur Face ID di ponsel cadangan.

Kemampuan Face ID

Fitur Face ID sendiri hadir untuk menggantikan Touch ID karena iPhone X mengusung layar penuh. Apple mengklaim fitur barunya itu jauh lebih aman dari sensor sidik jarinya. Bila Touch ID punya tingkat error 1: 50.000, maka Face ID lebih baik, yakni 1: 1.000.000.

Face ID akan secara otomatis memindai dan mengonfirmasi identitas pengguna tanpa harus menekan tombol apapun. Agar punya kemampuan ini, Face ID menggunakan beberapa jaringan syaraf tiruan yang dibangun dalam neural engine dalam prosesor A11 Bionic untuk memproses data pengenalan wajah.

Dalam proses pemindaian, Apple membekali iPhone X dengan TrueDepth Camera untuk melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga mendapatkan gambaran rinci semua wajah pengguna.

Fitur ini melakukan pemetaan 30 ribu titik di wajah pengguna, sehingga dapat menyesuaikan perubahan wajah dari waktu ke waktu. Jadi baik kamu berkacamata, punya potongan rambut berbeda atau menjadi lebih kurus dari sebelumnya, Face ID tetep mengenali.
Ini Sebabnya Face ID iPhone X Gagal Saat DidemokanFace ID. Foto: Apple

Terkait fungsi, selain untuk membuka ponsel dan menjaga keamanan iPhone X, Face ID punya kemampuan lain. Pengguna dapat menggunakan Face ID untuk pembayaran Apple Pay.

TrueDepth Camera juga bisa membuat selife menjadi lebih tajam dengan latar belakang bokeh. Paling menarik, adanya TrueDepth Camera memungkinkan kita membuat animasi emoji (animoji). (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed