Selasa, 12 Sep 2017 07:19 WIB

iPhone X Dibekali Prosesor Enam Core!

Yudhianto - detikInet
Bocoran iPhone X. Foto: istimewa Bocoran iPhone X. Foto: istimewa
Jakarta - Apple tampaknya mulai mengikuti perangkat Android yang rata-rata punya spesifikasi tinggi. Beredar informasi kalau iPhone X dibekali dengan prosesor enam core!

Lagi-lagi kabar ini berasal dari bocoran yang diperoleh melalu iOS 11 Golden Master (GM). Di situ ketahuan kalau iPhone X menggunakan prosesor dengan jumlah core yang lebih banyak dari iPhone 7 saat ini.

Tepatnya enam core! Angka ini meningkat dari iPhone 7 yang menggunakan prosesor A10 Fusion dengan teknologi quad core.

Meski mengandalkan quad core, prosesor A10 Fusion iPhone 7 juga tidak benar-benar bekerja bersama. Melainkan punya tugasnya masing-masing. Dua core untuk pekerjaan ringan, sementara beban berat ditangani oleh dua core lainnya.

Namun di prosesor iPhone X, Apple disebut melakukan improvisasi signfikan. Seperti dikutip detikINET dari Engadget, Selasa (12/9/2017), keenam core disebut bisa bekerja seluruhnya ketika benar-benar dibutuhkan.

Itu yang membuatnya istimewa, walau tetap muncul pertanyaan apa iPhone benar-benar membutuhkan prosesor dengan jumlah core sebanyak itu.

Namun prosesor ini disinyalir tetap di bagi dua. Spekulasinya menyebut quad core untuk menangani beban komputasi ringan hingga sedang, dua core sisanya untuk beban yang lebih berat.

Kalau jadi, iPhone X bukan satu-satunya yang pakai prosesor enam core. iPad Pro juga dibekali prosesor enam core, yang dibagi tiga core untuk pekerjaan ringan dan tiga core untuk pekerjaan berat. Tapi keenam core di prosesor iPad Pro tak bisa digunakan secara bersamaan.

Apapun itu, jawabannya akan terungkap di 12 September mendatang di acara peluncuran iPhone X.

(yud/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed