Senin, 11 Sep 2017 16:35 WIB

OIS di Galaxy Note8 bikin Foto Bokeh Makin Oke

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Hadirnya Optical Image Stabilization (OIS) di dua kamera belakang Samsung Galaxy Note 8 bukan tanpa tujuan. Adanya fitur tersebut mampu membuat foto bokeh makin oke.

Pengamat gadget Lucky Sebastian mengatakan, ketika kita memotret, tangan kerap membuat goyang kamera ponsel. Sehingga diperlukan OIS untuk bantu menstabilkan.

Kehadiran OIS pun dibutuhkan untuk kamera telephoto. Sehingga ketika melakukan zoom foto akan lebih fokus.

OIS di Galaxy Note8 bikin Foto Bokeh Makin OkeFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


"Kamera DSLR jika melakukan zoom, semakin goyang akan kacau. Solusinya pakai tripod. Kalau memotret bokeh di ponsel butuh kamera telephoto. Agar menjaga kestabilannya dibutuhkan OIS," jelas Lucky saat ditemui dalam diskusi fitur andalan Galaxy Note 8 di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Lucky pun mengungkap dalam memotret menggunakan mode Live Focus, Galaxy Note 8 mengambil tiga gambar sekaligus. Sehingga pengguna tidak kehilangan momen saat memotret.

"Blur bisa diatur sebelum dan sesudah memotret. Namun setelah diatur ternyata hasil bokehnya kurang bagus. Pengguna masih memiliki foto widenya dalam ponsel. Jadi bisa dapat semuanya," terang Lucky.

Tapi kemampuan ini tidak mudah untuk dihadirkan. Perangkat butuh spesfikasi yang mumpuni agar dapat memproses semua itu.

"Membuat blur yang tidak otomatis cukup sulit karena prosesnya terbilang berat. Jadi prosesornya harus bagus," kata pria berkacamata itu.

Terkait ponsel yang bisa mengatur bokeh setelah foto dipotret, Lucky menilai hasilnya akan kurang maksimal.

"Live Photos dari awal kita bisa menduga bagus atau tidak saat di-blur. Kalau belakangan ya tidak bisa tahu bagus dan tidaknya," ujarnya. (rou/rou)