Jumat, 08 Sep 2017 19:13 WIB

Google Drive di PC Mau Dimatikan, Segera Back Up Data

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Google mengumumkan akan menutup aplikasi Google Drive untuk desktop. Karenanya, para penggunanya diminta segera melakukan back up data yang tersimpan di Google Drive.

Sejatinya, layanan Google Drive tidak akan kemana-mana. Sebab, Google memperbaruinya dengan menghadirkan layanan yang disebut Drive File Stream yang saat ini tersedia bagi pelanggan G Suite. Meski demikian, Drive File Stream mulai tersedia secara umum usai 26 September.

"Drive File Stream adalah aplikasi desktop baru yang memungkinkan Anda mengakses semua file Google Drive secara cepat sesuai permintaan, langsung dari komputer Anda dan menghemat waktu saat file akan disinkronkan," kata Google dikutip melalui blog resminya, Jumat (8/9/2017).

Dengan keberadaan Drive File Stream, Google Drive untuk Mac atau PC Windows secara resmi tidak berlaku lagi. Google akan menghentikan dukungan mulai tanggal 11 Desember 2017 dan sepenuhnya ditutup pada 12 Maret 2018.

Memasuki Oktober 2017, pengguna Google Drive untuk desktop akan menerima notifikasi bahwa data-data yang tersimpan di dalamnya akan segera menghilang.

"Kami menganjurkan untuk menggunakan Drive File Stream. Sebagai alternatifnya, Anda dapat memperbarui ke versi baru Drive untuk Mac atau PC yang disebut Backup and Sync," sebut Google. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed