Kamis, 07 Sep 2017 19:29 WIB

Enaknya, Pilih Harga Pre Order Galaxy Note 8 yang Mana?

Lucky Sebastian - detikInet
detikINET detikINET
Jakarta - Mulai Jumat (8/9/2017) pukul 00.00 WIB, smartphone flagship terbaru dari Samsung, Galaxy Note8, sudah bisa dipesan secara online. Pre-order (PO) resmi ini akan berlangsung 10 hari hingga 18 September 2017.

Selain di situs galaxylaunchpack.com, Note8 juga bisa dipesan di beberapa online store Indonesia lainnya, seperti Lazada, Blibli, Bhinneka, Elevenia, Erafone, JDid, Telesindo, Tokopedia, Hartono dan Dinomarket.

Bagi mereka yang sudah mendaftarkan alamat emailnya di situs tersebut untuk ikut PO, sudah mendapatkan update harga resmi Galaxy Note8 dengan dua alternatif paket, paket regular dan paket produktivitas.

Galaxy Note8 Pre Order, Pilih yang Mana?Foto: Samsung


Mengacu dari beberapa PO flagship Samsung sebelumnya di Indonesia, pre-order Samsung ini memiliki keunikan tersendiri, di antaranya penawaran saat PO dari segi harga, bonus dan cashback, biasanya terbaik dibanding penawaran berikutnya setelah PO.


Mereka yang sudah terbiasa ikut PO menyadari hal ini, dan biasanya akan segera melakukan PO bahkan saat jam baru berganti ke tanggal PO di malam hari. Serbuan ini beberapa kali membuat website atau sistem pembayaran online sempat down. Semoga kali ini akan lebih tangguh situsnya.

Karena biasanya, PO flagship Samsung banyak peminat. Dari beberapa PO terakhir, seringkali ketersediaan barang sudah habis sebelum waktu PO selesai. Bahkan, Galaxy Note7 ludes dalam tiga hari saja. Sedangkan Galaxy S8 dan S8+ sampai harus menghabiskan kuota cadangan/buffer.

Berhubung Galaxy Note7 akhirnya memiliki kendala dan tidak jadi dipasarkan, ada kemungkinan penggemar seri Note yang sering disebut Noter's--yang sekarang banyak bertahan di seri Galaxy Note5--akan sangat berminat untuk meminang Galaxy Note terbaru ini, termasuk mereka yang selalu update dengan device flagship terbaru.

Untuk itu, detikINET akan mencoba memberi panduan, agar para peminat PO Galaxy Note8 ini bisa dengan mantap memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Harga flaghship Samsung kali ini memang terlihat lebih mahal dari flagship sebelumnya. Makanya bonus dan cashback saat PO ini, menjadi kesempatan untuk memiliki smartphone ini dengan harga yang lebih ekonomis.

Dari kedua penawaran paket dengan bonus yang berbeda, kesamaannya adalah nilai cashback hingga sebesar Rp 1 juta. Cashback ini akan didapat maksimum sebesar Rp 1 juta jika pemesan menggunakan kartu kredit dari bank tertentu. Siapa saja bank yang memberikan cashback maksimal, baru kita ketahui saat PO dibuka nanti.

Jika pemesan tidak memiliki kartu kredit dari bank-bank tersebut, biasanya tetap ada cashback dari bank lain, tetapi dengan nilai cashback yang berbeda-beda. Kemudian pembayaran tidak perlu dilakukan penuh, karena penggunaan kartu kredit langsung ditawarkan cicilan tanpa bunga yang bisa dipilih tenornya, antara tiga hingga 12 bulan.

Mungkin saja akan ada bank yang memberikan tenor lebih lama dari 12 bulan, sehingga cicilan per-bulan menjadi lebih ringan. Cashback ini biasanya dari masing-masing bank memiliki kuota, misalnya cashback dari bank A senilai Rp 1 juta untuk 500 pembeli pertama, bank B senilai sama untuk 400 pembeli pertama, bank C free 1 bulan cicilan untuk 500 pembeli pertama, dan lain-lain. Setelah kuota tercapai, maka cashback ini tidak ada lagi.

Itu sebabnya mengapa para pemesan senantiasa berebut PO di hari awal, agar kuota cashback bisa mereka dapatkan sesuai bank kartu kredit yang mereka miliki.

Selain kuota cashback yang dikejar pemesan awal, faktor lain yang menentukan juga adalah warna perangkat. Biasanya ada trend warna tertentu akan lebih diminati dibanding warna lain, dan Samsung sudah menyiapkan sekian ribu untuk warna A, sekian ribu untuk B, sekian ribu untuk warna C, hingga mereka yang sangat mementingkan pilihan warna, harus memesan di hari-hari awal agar warna yang diminati masih tersedia.

Paket Reguler

Paket reguler selain mendapatkan cashback hingga 1juta rupiah, juga mendapatkan bonus berupa wireless speaker AKG S30 Travel Speaker dari Harman, brand terkenal untuk urusan audio dengan kualitas kelas atas.

Wireless speaker ini bukan sekedar bluetooth speaker biasa hanya untuk mendengarkan musik, tetapi memiliki beberapa fitur lebih.

Disebut sebagai travel speaker, karena ukurannya cukup kecil, panjang 16cm, tinggi 6,7 cm, dengan ketebalan 2,75 cm, dan berat 300 gr, sehingga mudah dimasukkan tas atau dikantongin.

Galaxy Note8 Pre Order, Pilih yang Mana?Ukuran ini kira-kira malah lebih kecil sedikit dibanding ukuran Galaxy Note8 nya sendiri. (Foto: Samsung)

Galaxy Note8 sudah dilengkapi bluetooth 5.0 terbaru, selain jangkauan dan pita yang lebih lebar, bluetooth 5.0 secara bersamaan bisa melakukan streaming musik ke dua perangkat audio yang berbeda.

Jadi bisa saja kita menyetel lagu dari Galaxy Note8 ke AKG S30 travel speaker, dan secara bersamaan mendengarnya juga di earphone wireless, dan keduanya memiliki pengendalian kekerasan suara masing-masing.

Travel speaker ini dilengkapi juga dengan dua buah mic, ketika kita sedang mendengar lagu dan ada telepon masuk, kita bisa menggunakannya sebagai speaker phone dengan suara yang jelas, dan lawan bicara juga akan jelas mendengar suara kita, karena tersedia built-in noise and echo cancellation.

Travel speaker ini cocok digunakan sebagai speaker phone untuk conference call, misalnya untuk urusan meeting di kantor dengan pihak lain via telepon, atau sekedar bertelepon dengan kerabat jauh, ketika berkumpul bersama keluarga.

Uniknya travel speaker ini juga bisa memiliki fungsi ganda, menjadi power bank untuk smartphone kita dengan kapasitas 2.500 mAh. Jika digunakan terus menerus, wireless speaker ini sanggup bertahan hingga 10 jam. Tersedia juga jack aux in, jika kita ingin menggunakannya sebagai eksternal speaker melalui kabel dari alat pemutar musik lain.

Samsung membanderol speaker ini dengan harga Rp 1,8 juta, harga yang lebih murah dibanding harga di Amazon Amerika senilai USD 150. Dengan harga paket standar Rp 13 juta, maka jika kita mendapatkan cashback Rp 1 juta dan dikurangi harga bonus, harga Galaxy Note8 nya sendiri menjadi Rp 10,2 juta. Harga ini malah lebih murah dibanding harga resmi Galaxy S8 sekarang.

Paket Productivity

Paket produktivitas ini dihargai 500rb rupiah lebih mahal, senilai Rp 13,5 juta, dan mendapatkan dua macam bonus, satu buah Samsung DeX station dan Microsoft Office 365 Personal.

Samsung DeX (Desktop eXperience) ini produk yang menarik, banyak yang tidak sadar kalau smartphone hi-end sekarang sudah memiliki prosesor sekuat prosesor pada laptop.

Dengan Samsung DeX station, kita menjadikan Galaxy Note8 sebagai desktop PC, sebagai game station, dan sebagai player music dan video.

Galaxy Note8 Pre Order, Pilih yang Mana?Foto: Samsung


Untuk mereka pengguna laptop dan lebih banyak menggunakannya untuk browsing, sosial media, menonton Youtube, dan mengerjakan produktivitas menggunakan aplikasi office, DeX ini bisa menggantikan fungsi laptop atau PC. Station berbentuk mangkuk ini akan menjadikan smartphone kita sebagai mesin desktop.

Tinggal menghubungkannya dengan kabel HDMI ke monitor, melengkapinya dengan keyboard dan mouse yang boleh berkabel atau wireless, maka kita memiliki sebuah desktop PC.

Dengan DeX station, data pekerjaan kita juga tidak perlu repot-repot dipindahkan antara laptop dan smartphone, semuanya bisa diletakkan di smartphone atau di cloud.

Banyak pekerjaan-pekerjaan yang biasa kita lakukan di PC bisa dilakukan di smartphone dengan bantuan DeX station ini.

DeX bukan hanya sekedar memindahkan layar smartphone ke layar lebih besar, tetapi memang memiliki interface seperti desktop yang kita kenal, bahkan shortcut yang biasa kita lakukan di keyboard PC/laptop bisa dilakukan dengan DeX, termasuk drag and drop.

Bagi yang tidak memiliki monitor khusus, bisa menggunakan LCD televisi di rumah sebagai monitor besar. DeX ini juga bisa menggantikan keharusan kita memiliki player video terpisah untuk entertainment di rumah, kita bisa menonton film streaming seperti Netflix dan iFlix, atau streaming lagu seperti dari Spotify.

Bahkan jika LCD TV kita sudah memiliki resolusi 4K, kita bisa memutar film 4K dari Galaxy Note8 untuk ditampilkan di layar besar tersebut.

Jika kita penggemar game, game-game smartphone baik yang memang di desain untuk DeX seperti Vain Glory, The Tribez, dll, yang bisa dimainkan via mouse dan keyboard.

Dengan sedikit trik, game-game android lain bisa ditampilkan di layar besar dan kita tinggal menambahkan gamepad untuk mengendalikannya seperti kita memiliki layaknya game konsol.

Untuk para pengguna kasual, yang kadang merasa lebih nyaman menggunakan layar besar untuk membalas chat, browsing, menonton Youtube, dengan Samsung DeX, semuanya ini bisa tampil di layar besar tanpa harus menginstall add on chat seperti saat menggunakan PC atau laptop, bahkan kita bisa tetap menerima telepon yang masuk. DeX ini juga bisa digunakan untuk editing photo dan video.

Tidak seperti laptop atau PC yang membutuhkan booting yang lama, Samsung DeX ketika ditancapkan Galaxy Note8, langsung akan segera ditampilkan di monitor, tanpa perlu reset atau booting, dan ketika kita dengan layar besar, tinggal mengangkat Galaxy Note8 nya.

Secara ukuran yang cukup kecil, DeX ini juga mudah dibawa, dan tidak membutuhkan tas sebesar laptop, saat mungkin kita ingin menggunakannya di kantor dan di rumah.

Waktu kita pergi keluar kota, tinggal menyambungkannya dengan TV di hotel. DeX station menyediakan port HDMI, 2 buah port USB 2.0 dan sebuah port ethernet.

Selama diletakkan di DeX, smartphone akan selalu di charge. Saat ini DeX station baru bisa digunakan untuk 3 macam smartphone Samsung, Galaxy Note8, Galaxy S8 dan S8+.

Tanpa aktivasi office 365, kita bisa menjalankan aplikasi office, tetapi terbatas di Excel, Words dan Power Point, dan dengan tools yang lebih sederhana.

Dengan aktivasi Office 365 personal yang disediakan, kita mendapatkan tools yang lengkap, termasuk aplikasi office yang lain seperti OneNote, Publisher, Outlook dan Access.

Lisensi Office 365 personal ini tidak hanya bisa digunakan di satu perangkat Galaxy Note8 saja, kita bisa menggunakannya lagi untuk dua macam device lain, sebuah tablet, dan PC/Notebook, baik berbasis Windows atau Mac.

Dengan Office 365, kita bisa selalu menikmati update Office terbaru, tanpa harus membeli ulang. Aktivasi office 365 ini juga memberikan bonus 60 menit telepon via Skype yang bisa dilakukan di DeX maupun langsung di smartphone, dan cloud storage sebesar 1 TB di Microsoft OneDrive.

Galaxy Note8 Pre Order, Pilih yang Mana?Foto: Samsung


Secara hitung-hitungan nilai bonus paket produktivitas ini bisa dijabarkan sebagai berikut: Samsung DeX jika kita beli terpisah harganya 1.6jt rupiah. Microsoft Office 365 personal resmi, dibanderol 880rb rupiah di situ resmi Microsoft Indonesia.

Jadi jika harga tersebut dikurangkan ke harga paket produktivitas, setelah dipotong cashback Rp 1 juta, maka Galaxy Note8 nya sendiri menjadi Rp 10.020.000, yang kira-kira masih lebih murah dibanding harga Galaxy S8, apalagi Galaxy S8+ di pasaran resmi saat ini.

Jadi Pilih Mana?

Setelah dipotong cashback dan bonus, harga Galaxy Note8 yang kabarnya banyak mengejutkan netizen karena lebih tinggi daripada harga flagship sebelumnya, sepertinya malah lebih menarik.

Tinggal calon pemesan Galaxy Note8 sendiri yang menentukan, dari kedua paket tersebut, mereka lebih condong sebagai user yang mana.

Lebih banyak mendengarkan musik, silahkan mengambil paket standar dan menikmati bluetooth speaker kelas atas, atau ingin produktivitas lebih dan menjadikan smartphone kita menjadi lebih berdayaguna, DeX dan Office 365 personal bisa menjadi pilihan sangat menarik.

Selamat memilih!

Berikut video review Samsung Galaxy Note 8.

[Gambas:Video 20detik]




(jsn/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed