Minggu, 03 Sep 2017 15:19 WIB

Powerbank Bisa Sebabkan Kebakaran Mobil?

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi powerbank (Foto: Istimewa) Ilustrasi powerbank (Foto: Istimewa)
Jakarta - Video terbakarnya Honda Brio di Tambun, Bekasi yang menjadi viral, sudah dikonfirmasi pemiliknya bukan karena powerbank. Namun kemudian banyak yang penasaran, apakah powerbank yang tersambung ke lighter di mobil bisa menyebabkan kebakaran?

Pengamat gadget Lucky Sebastian menyebutkan powerbank yang tersambung ke lighter di mobil tidak akan berfungsi jika mobil dalam kondisi mati.

"Rumornya karena ada powerbank yang sedang tersambung dengan colokan lighter, sehingga powerbank meleleh, itu hoax saja. Karena kalau kondisi mobil mati, begitupula colokan lighter tidak akan berfungsi," sebutnya.

Namun dikatakannya, terlepas dari kondisi tersebut, pengguna gadget disarankan untuk tidak meletakkan powerbank di tempat yang terkena matahari atau panas berlebih, misalnya di atas dashboard mobil, atau di dalam mobil yang terjemur.

"Bagaimanapun powerbank kebanyakan berisi baterai lithium-ion. Sama dengan smartphone, sangat rentan rusak karena panas berlebih," kata Lucky.

Powerbank Bisa Sebabkan Kebakaran Mobil?Foto: istimewa


Baca juga: Kebakaran Honda Brio di Bekasi Bukan Karena Powerbank

Dia menjelaskan, di dalam baterai lithium-ion terdapat berlapis-lapis bahan katoda dan anoda yang berjarak sangat tipisl. Ketika terjadi panas berlebih, bahan ini akan memuai dan saling menempel sehingga menimbulkan korslet, seperti kita mempertemukan kutub positif dan negatif baterai.

"Korslet ini bisa menyebabkan kebakaran. Kalau pun tidak sampai terbakar, powerbank yang sering terkena panas berlebih akan mudah rusak atau tidak awet. Karena panas yang berlebih akan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih, yang sering kita lihat efeknya baterai menjadi kembung," terang Lucky.

Pria asal Bandung ini juga menyarankan agar pengguna gadget teliti memilih powerbank yang bagus kualitasnya. Waspadai sejumlah powerbank yang harganya murah namun menawarkan kapasitas tinggi.

"Salah satu part yang banyak dihilangkan pada powerbank murah, selain kapasitas yang tidak sesuai adalah sirkuit yang mengatur keamanan, seperti pencegah over-charge dan pengontrol panas. Jika lupa dan terus menerus di-charge, powerbank ini rentan rusak, atau malah mungkin saja terbakar karena panas berlebih akibat over-charge," sarannya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.