Rabu, 30 Agu 2017 17:22 WIB

Ribuan Guru Matematika Diajak Belajar Kalkulator

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Pelajaran matematika di Indonesia harus makin diperhatikan. Hal itulah yang mendasari Casio sebagai produsen kalkulator berdiskusi dengan para pengajar di Indonesia agar mereka dapat berperan aktif.

Melalui diskusi langsung dengan pengajar matematika, Casio mencoba berinovasi dalam mendukung perkembangan matematika di seluruh dunia. Sehingga bisa menyediakan kalkulator yang disesuaikan dengan kurikulum masing-masing negara.

Tomoaki Satoh, General Manager of Product Planning, Consumer & Educational Solution, Product Division, Casio mengatakan pihaknya senantiasa berpikir menciptakan sesuatu yang baru, yang akan dibutuhkan di masa depan.

"Dalam konteks kalkulator dan pendidikan matematika, kami tidak sekedar memperkirakan apa yang dibutuhkan oleh suatu negara. Misalnya saja, tim kami di pusat riset Casio di Hamura, Tokyo berdikusi dengan para pengajar matematika Indonesia sehingga kami bisa mengeluarkan sebuah produk yang sesuai dengan kurikulum Indonesia, yaitu fx-991IDPlus," tutur Satoh di Jakarta.

fx-991IDPlus yang merupakan kalkulator ilmiah ini memiliki beberapa keunikan. Fitur-fitur yang terekam di kalkulator ini diklaim telah disesuaikan dengan kurikulum matematika Indonesia.

Selain itu, untuk mempermudah penggunaannya, fx-991IDPlus pun menggunakan bahasa Indonesia. Disebutkan, kalkulator ini dapat membantu siswa menyelesaikan perhitungan matematika, trigonometeri, statistik, hingga rumus-rumus fisika.
Casio Latih Ribuan Guru Indonesia Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Casio yang dikenal akan teknologi ketahanan goncangan ini pun mengintegrasikan teknologi tersebut di fx-991IDPlus. Produk ini dilengkapi pelindung yang menutup seluruh bagian layar dan tombol dari benturan dan goncangan.

Kalkulator ilmiah ini juga mempunyai 417 fungsi, layar LED dan fitur pengaturan cahaya pada layar, fitur cek yang membantu siswa mengeksplorasi persoalan matematika lebih dalam,menghitung log algoritma dan standar deviasi, dilengkapi 40 konstanta rumus dan 40 konversi matriks, dapat menghitung integrasi dan differential, dan juga dilengkapi fungsi tabel.

Latih 8.000 Guru Matematika

Casio juga menargetkan dapat melatih 8.000 guru matematika hingga akhir 2017 tentang cara penggunaan kalkulator ilmiah tersebut. Karena memang produk itu bukan kalkulator biasa.

Sampai saat ini, telah lebih dari 4.000 guru matematika di 15 provinsi Indonesia yang mendapatkan pelatihan program Casio for Education.

Satoh mengatakan Casio ingin jauh berperan aktif dalam peningkatan pencapaian matematika di Indonesia. Maka dari itu, Casio melatih guru-guru matematika agar semua fitur yang disediakan dapat digunakan secara optimal.

"Hingga akhir 2017, kami optimis akan dapat melatih hingga 8.000 guru matematika. Dengan hal ini, kami mendukung masa depan siswa-siswi matematika di Indonesia," kata Satoh. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed