Kamis, 24 Agu 2017 12:12 WIB

Spek Galaxy Note 8 dan iPhone 7 Plus, Unggul Mana?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Saat memperkenalkan Galaxy Note 8, Samsung membandingkan perangkatnya itu dengan iPhone 7 Plus. Vendor asal Korea Selatan ini pun mengklaim phablet anyarnya tersebut lebih unggul dari ponsel Apple itu, benarkah?

detikINET coba melakukan perbandingan spesifikasi antara dua perangkat flagship tadi. Adapun sisi yang dilihat meliputi kamera, layar, memori dan baterai.

Kamera

Dalam presentasinya Director Product Strategy Samsung Mobile Suzanne De Silva mengatakan Galaxy Note 8 dilengkapi dua kamera di bagian belakangnya. Berkat spesifikasi dan fitur yang dimiliki, Samsung akhirnya sesumbar jika hasil jepretan Galaxy Note 8 lebih unggul ketimbang iPhone 7 Plus.

Secara spesifikasi dua kamera Galaxy Note 8 punya ukuran 12 MP. Satu kamera untuk mengambil foto landscape yang lebih baik, sementara satunya lagi berfungsi sebagai telephoto.

Menyandingkan Galaxy Note 8 dan iPhone 7 Plus, Unggul Mana?Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET


Sementara dua kamera iPhone 7 Plus punya ukuran 12 MP. Lensa untuk wide angle berukuran 28 mm, sedangkan lensa telephoto 56 mm.

Secara spek bisa dikatakan dua ponsel ini cukup imbang. Tapi fitur bokeh membuat Galaxy Note 8 sedikit lebih unggul. Pasalnya Samsung memungkinkan pengguna melakukan pengaturan tingkat blur pada latar belakang foto. Baik saat memotret atau pada hasil foto. Sementara iPhone 7 Plus belum bisa melakukan itu, mungkin baru akan ada di iPhone 8.

Selain itu Samsung menyematkan optical image stabilization (OIS) di kedua kamera Galaxy Note 7. Sementara iPhone 7 Plus hanya membekali IOS pada lensa wide angle-nya saja.

Untuk kamera depan sendiri, Samsung membekali kamera 8 MP dengan auto focus yang menjanjikan selfie dan video chat lebih tajam. Sedangkan iPhone 7 Plus punya kamera 7 MP dengan auto image stabilization.

Layar
Menyandingkan Galaxy Note 8 dan iPhone 7 Plus, Unggul Mana?Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Galaxy Note 8 punya bentangan 6,3 inch. Kendati begitu besar, tapi dimensinya mirip iPhone 7 Plus yang punya layar 5,5 inch.


Layar Super AMOLED memberi keunggulan berada pada Galaxy Note 8, ditambah lagi resolusinya 2960 x 1440 pixel. iPhone 7 Plus sendiri hanya 1920 x 1080 pixel.

Memori

Apple hanya menyematkan iPhone 7 Plus dengan RAM 3 GB. Sementara Galaxy Note 8 punya dua kali lipatnya, yakni 6 GB.

Ruang penyimpanan iPhone 7 Plus terdiri 32GB, 128GB dan 256GB. Galaxy Note 8 punya pilihan 64GB, 128GB dan 256GB. Tapi yang membuat perangkat Samsung lebih unggul karena tersedianya slot MicroSD sehingga kapasitas penyimpanan akan jauh lebih besar.

Baterai

iPhone 7 Plus dibekali baterai berkapasitas 2.900 mAh. Sedangkan Samsung membenamkan baterai berkapasitas 3.300 mAh di Galaxy Note 8.

Agar lebih punya gambaran dalam membandingkannya, berikut tabel spesifikasi Galaxy Note 8 dan iPhone 7 Plus.

Menyandingkan Galaxy Note 8 dan iPhone 7 Plus, Unggul Mana?Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
(afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed