Kamis, 24 Agu 2017 11:47 WIB

Laporan dari New York

Dua Kamera Belakang Note 8 Bisa Apa?

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Dibanding pabrikan ponsel lain, Samsung bisa dibilang terlambat menggunakan sistem dua kamera pada ponsel buatannya. Namun memang lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Bisa apa sih dua kamera belakang di Galaxy Note 8?

Note 8 adalah ponsel Samsung Galaxy pertama yang menggunakan dua kamera belakang. Penerapannya seperti yang dilakukan Apple pada iPhone 7 Plus, yaitu sebuah kamera berlensa normal dan satunya kamera dengan lensa tele.

Keduanya menggunakan sensor 12 megapixel, dengan bukaan f/1.7 untuk kamera normal dan f/2.4 untuk kamera dengan lensa telenya. Keunggulannya dibanding iPhone 7 Plus adalah kedua kamera tersebut dilengkapi dengan optical image stabilization.

Sistem dua kamera ini membuat Note 8 bisa membuat efek bokeh, atau mengatur kedalaman depth of field (DoF) pada foto sebelum foto tersebut diambil. Jika Apple menamai fitur ini sebagai Portrait mode, Samsung memberinya nama Live Focus, yang punya lebih banyak fitur bokeh.


Contohnya, pengguna Note 8 bisa melihat dan mengatur seberapa banyak efek bokeh yang pada foto yang akan diambilnya. Hal seperti ini tak bisa dilakukan pada iPhone 7 Plus.

Saat memotret pada mode Live Focus, kamera Note 8 yang dipakai secara default adalah kamera tele. Namun penggunanya juga bisa mengaktifkan mode Dual Capture, fungsinya untuk memotret gambar yang sama dengan dua kamera di Note 8. Perlu diingat, Dual Capture ini hanya berfungsi pada mode Live Focus.

Lalu ada juga teknologi Auto Focus (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut fokus kamera kabur ke objek lainnya.

Note 8 adalah ponsel dengan Infinity Display 6,3 inch yang ditopang prosesor Exynos 8895, RAM 6 GB, dan memori internal 64/128/256 GB yang bisa diekspansi dengan memori eksternal via slot micro SD. (asj/asj)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed