Rabu, 23 Agu 2017 22:22 WIB

Laporan dari New York

Samsung Galaxy Note 8 Resmi Meluncur

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Galaxy Note 8. Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Galaxy Note 8. Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
New York - Samsung akhirnya membuat pengumuman besar yang sudah lama ditunggu-tunggu para penggemarnya. Apalagi kalau bukan peluncuran smartphone flagship Galaxy Note 8.

Bertempat di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/8/2017), pengumuman untuk penerus Galaxy Note 7 ini disampaikan Samsung di hadapan 1.500 tamu undangan yang hadir dari seluruh dunia.

"Para hadirin, dengan senang hati saya persembahkan, Galaxy Note 8," kata CEO Samsung DJ Koh dalam ajang Galaxy Unpacked 2017 yang turut dihadiri detikINET, sambil memamerkan Note 8 yang dikeluarkan dari sakunya.

Galaxy Note 8 sendiri bisa dikategorikan sebagai phablet, karena ukurannya yang cukup besar. Layarnya yang mengusung Super AMOLED punya ukuran 6,3 inch, sedikit lebih besar dari Galaxy S8+.

Samsung Galaxy Note 8 Resmi MeluncurSuasana peluncuran. Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Meskipun ukuran layar Note 8 lebih besar dari S8+, phablet ini juga mengusung teknologi layar tanpa tepi alias Infinity Display, dengan rasio layar yang sama pula dengan S8+, yakni 18,5:9.

Sementara dari segi hardware, Galaxy Note 8 mengusung chipset Exynos 8895 untuk pasar Asia, atau Snapdragon 835 untuk pengguna di kawasan Eropa dan Amerika Serikat. Dipadukan dengan RAM 6 GB serta memori internal 64/128/256 GB yang disertai slot microSD.

Samsung Galaxy Note 8 Resmi MeluncurSuasana peluncuran Note 8. Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Samsung juga meningkatkan kemampuan S Pen. Ujung pena digital itu dibuat lebih kecil dan tajam. Aplikasi Air Command yang bisa dibuka oleh S Pen juga bertambah, dari enam aplikasi menjadi 10 aplikasi.

Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa ditampilkan oleh Air Command yang diakses dengan cara mengetukkan S Pen di layar itu. Salah satunya adalah Live Message.

Pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan, baik berupa tulisan atau gambar, yang akan berubah menjadi gambar bergerak saat dikirimkan. Sayang, fitur ini hanya bisa aktif jika lawan bicara memiliki aplikasi messaging yang sudah mendukung GIF.

Samsung Galaxy Note 8 Resmi MeluncurFoto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Selain itu, Samsung juga memperbarui fitur Screen Off Memo. Jika di seri Galaxy Note sebelumnya, fitur 'Off Screen Memo alias menulis catatan dengan layar Galaxy Note tetap mati, hanya bisa menyimpan satu halaman, maka di Galaxy note 8 kali ini bisa menyimpan hingga 100 halaman.

Yang menarik dari perangkat anyar ini, Note 8 menjadi debut Samsung dalam mengenalkan teknologi kamera ganda. Serba dual, begitu istilah yang mereka bilang. Note 8 dibekali fitur kamera serba dual, yakni dual pixel, dual lens (wide dan tele), dan dual OIS.

Samsung Galaxy Note 8 Resmi MeluncurFoto: Achmad Rouzni Noor/detikinet

"Foto yang ditangkap oleh kamera Galaxy Note 8 juga bisa diubah-ubah titik fokus dan kedalaman untuk foto bokeh. Kita bisa mengatur ingin fokus di mana, apakah obyek di latar depan atau belakang, serta tingkat blur yang bisa diubah-ubah," kata Koh.

Selain kamera, Samsung Galaxy Note 8 membawa pembaruan aplikasi yang untuk pertama kalinya dikenalkan Samsung dalam perangkatnya. Pembaruan yang dimaksud adalah Apps Pair.

"Kita bisa memasangkan dua aplikasi yang bisa dikustomisasi pengguna, yang keduanya bisa dibuka sekaligus. Kedua aplikasi akan ditampilkan secara split screen atas-bawah di layar smartphone Galaxy Note 8," pungkas Samsung.

[Gambas:Video 20detik]



(rou/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed