Selasa, 22 Agu 2017 13:15 WIB

Android Oreo Sudah Resmi, Siapa yang Bisa Mencicipi?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Peluncuran Android Oreo di New York. Foto: Getty Images Peluncuran Android Oreo di New York. Foto: Getty Images
Jakarta - Google akhirnya meresmikan sistem operasi Android terbarunya, yang kini sudah mencapai versi 8 dan diberi nama Oreo. Namun, siapa yang sudah bisa mencicipi Oreo versi resmi?

Meski versi public beta Oreo -- dulu masih Android O -- sudah sejak lama tersedia untuk Nexus 5X/6P dan Pixel, versi penuh Oreo saat ini belum bisa dicicipi di perangkat apa pun, termasuk Nexus dan Pixel.

Google menyebut Oreo saat ini berada dalam masa pengujian oleh para operator seluler. Artinya, pengguna Pixel dan Nexus 5X/6P masih harus menunggu pembaruan Oreo secara over the air (OTA) hadir di perangkatnya itu, termasuk Nexus Player dan Pixel C, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (22/8/2017).



Tampaknya Google tak banyak melakukan perubahan dari Android O public beta sampai akhirnya resmi menjadi Android Oreo. Fitur jagoannya masih notifikasi pada icon aplikasi, picture in picture mode, kompabilitas Android Instant App dan pengingat password, yang semuanya sudah dipamerkan di Google I/O 2017.


Pengumuman nama Android O sendiri dilakukan berbarengan dengan momen gerhana matahari. Google menggelar acara khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Lokasi tersebut berada di seberang Pasar Chelsea, tempat pabrik Nabisco asli berada. Di situlah makanan Oreo pertama ditemukan.

Dan ini untuk kali pertama pula Google memamerkan patung maskot Android di luar markasnya. Sebelumnya patung maskot Android seperti permen lolipop raksasa, ice cream sandwich dan jelly bean selalu diungkap di halaman kantor pusat Google yang berada di Mountain View, California.



Dalam acara peluncuran, Director Product Management Android Sagar Kamdar sempat mengungkap alasan kenapa akhirnya nama Oreo yang dipilih untuk Android 8.0. Dia mengatakan keputusan tersebut diambil setelah Google melihat banyak engineernya yang lembur kerap ngemil Oreo. (asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed