BERITA TERBARU
Selasa, 22 Agu 2017 12:14 WIB

Ini Deretan Fitur Andalan Android Oreo

Adi Fida Rahman - detikInet
Android Oreo. Foto: internet Android Oreo. Foto: internet
Jakarta - Bersamaan dengan pengumuman nama Android Oreo, Google turut mengungkap fitur andalan pembaruan sistem operasi mobilenya itu. Apa saja?

Pada perhelatan Google I/O 2017 yang berlangsung Mei lalu, raksasa pencarian internet itu sejatinya sudah mengumbar fitur-fitur baru yang dibawa Android 8.0. Namun mereka coba menambahkan lagi pada pengumuman Android Oreo.

Mengutip dari laman resmi Android, Selasa (22/8/2017), berikut kemampuan baru yang dibawa Oreo:

- Performa

Google menjanjikan Android Oreo dua kali lebih cepat dalam proses booting. Selain itu Android Oreo akan meminimalkan aktivitas di latar belakang pada aplikasi yang jarang digunakan.

- Autofill

Fitur ini sebelumnya ada di Chrome. Sekarang Google menghadirkannya ke aplikasi Android. Contohnya, jika Chrome sudah menyimpan password Twitter atau Facebook, autofill password akan secara otomatis mengisinya saat akan log-in ke media sosial. Jadi tidak perlu repot mengetik password.


- Picture in Picture


Mode Picture memungkinkan pengguna membuka aplikasi lain, sambil tetap menonton YouTube atau Netflix. Misalnya, ketika menonton YouTube, tap tombol Home dan video akan muncul di jendela kecil. Jadi kita bisa bernavigasi ke aplikasi lain tanpa harus meninggalkan YouTube.

- Notification Dots

Notification Dots adalah titik kecil yang akan muncul di atas ikon aplikasi. Titik ini hanya akan muncul ketika kita memiliki notifikasi yang belum dibaca.

Tap dan tahan titik ini, dan akan muncul quick preview berbentuk seperti speech bubbles.

- Android Install App

Pengguna dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari browser, tidak perlu menginstalasinya.



- Smart Text Selection

Fungsi yang memudahkan copy paste jadi lebih mudah dengan mengaplikasikan on device machine learning.

Misalnya, ketika kita melihat tulisan sebuah alamat, pengguna tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata. Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada tulisan alamat, atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.

- Keamanan

Google menjanjikan keamanan yang lebih baik. Ada Google Play Protect yang terus mengamankan perangkat dari aplikasi yang tidak sesuai dengan memindai lebih dari 50 aplikasi tiap harinya yang bahkan belum pengguna instal sebelumnya.

- Hemat

Google menjanjikan konsumsi baterai lebih hemat meski perangkat sering digunakan untuk berkomunikasi, bermain, bekerja dan streaming hiburan.

- Emoji Baru

Sejumlah emoji baru pun akan dibawa Android Oreo. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed