Rabu, 16 Agu 2017 18:39 WIB

Ini 20 Aplikasi Penguras Kinerja Ponsel

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Irna Prihandin Foto: detikINET/Irna Prihandin
Jakarta - Tak terhitung ada berapa banyak aplikasi yang berseliweran di Google Play Store. Sebaiknya Anda berhati-hati. Berdasarkan temuan Avast dalam laporan Q1 2017, ada puluhan aplikasi Android yang menguras kinerja ponsel.

Melalui penelitian yang terperinci, Avast berhasil mengidentifikasi 20 aplikasi yang selama ini dianggap paling rakus terhadap daya baterai, kinerja ponsel, hingga data internet. Dari daftar, aplikasi buatan Google dan Samsung terlihat mendominasi.

Sebanyak delapan aplikasi Google teridentifikasi sebagai aplikasi yang paling menguras kinerja ponsel, baik yang berjalan dari awal (start-up) maupun yang dijalankan oleh pengguna. Sementara aplikasi Samsung berjumlah lima aplikasi. Biasanya, aplikasi-aplikasi ini sudah ter-install sedari awal ponsel dibuat.

Foto: istimewa


Deretan aplikasi Samsung dan Google bisa dibilang sebagai pendatang baru yang masuk dalam daftar, seperti Play Music,
Talkback, Docs, dan Samsung Media Hub. Sisanya, memang sudah pernah teridentifikasi dan sempat masuk dalam daftar laporan kuartal sebelumnya, seperti Facebook dan Google Maps.

"Mayoritas orang menganggap smartphone merupakan perangkat utama yang digunakan dalam sehari-hari. Dengan mengetahui aplikasi favorit apa yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai, data internet dan kapasitas penyimpanan merupakan hal yang sangat penting sehingga kita dapat mengatur ponsel yang digunakan secara rutin," ujar Gagan Singh, SVP dan GM Mobile Business, Avast dalam keterangannya, Rabu (16/8/2018).

Foto: istimewa

Tak hanya itu, dari hasil temuan Avast terbaru, ada aplikasi yang sudah mulai menunjukkan perbaikan. Aplikasi tersebut antara lain Snapchat, Facebook, dan layanan streaming musik Spotify. Perbaikan di sini maksudnya developer sudah berhasil melakukan peningkatan agar lebih ringan. (mag/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed