Rabu, 09 Agu 2017 11:34 WIB

Begini Pintarnya Face ID di iPhone 8

Adi Fida Rahman - detikInet
Kosep iPhone 8. Foto: Internet Kosep iPhone 8. Foto: Internet
Jakarta - Apple dikabarkan akan membawa fitur pemindai wajah untuk menggantikan sensor sidik jari di iPhone terbaru. Konon kemampuan fitur yang diberi nama Face ID ini lebih mumpuni ketimbang kompetitor.

Kemampuan pemindai wajah memang bukan hal baru di smartphone. Sudah sejak lama fitur ini hadir untuk meningkatkan keamanan perangkat.

Tapi mungkin Apple tidak ingin sama dengan pesaingnya. Karena itu mereka membuat kemampuan Face ID lebih canggih.

Dikutip detikINET dari laman 9to5Mac, Selasa (9/8/2017), fitur tersebut akan dapat memindai meski posisi ponsel tidak sejajar dengan wajah, misalnya diletakan di atas meja. Selain itu kemampuan pengenalan wajah pun sangat cepat hingga ratusan milidetik.

Kemampuan ini ditemukan dari baris perintah pada firmware di speaker pintar Apple HomePod. Dari situ, tampaknya fitur Face ID akan masuk dalam kategori Accessibility.

Sebelumnya Apple memasukkan Touch ID juga ke dalam kategori Accessibility. Mungkin karena hilangnya Touch ID, Apple memasukan Face ID ke kategori tersebut agar memudahkan pengguna mengaksesnya.

Lebih lanjut dalam firmware HomePoad juga ditemui baris perintah 'APPS_USING_PEARL" yang digunakan untuk aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi perbankan dan lain-lain. Selain itu ada pula baris perintah "PEARL_AUTOLOCK" yang diperkirakan sebagai langkah keamanan tambahan. Layar akan mengunci ketika memindai wajah berbeda dari yang didaftarkan.

Sayangnya dalam baris perintah firmware HomePod tidak dijelaskan rinci prinsip kerja Face ID. Tapi diyakini iPhone 8 akan menggunakan inframerah untuk memindai wajah pengguna. Sehingga area yang aneh sekalipun dapat terpindai dengan teknologi tersebut. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed