Selasa, 08 Ags 2017 20:33 WIB

Firefox Segera Dukung Virtual Reality

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ilustrasi Gettyimages Foto: Ilustrasi Gettyimages
Jakarta - Firefox akan segera mengejar ketertinggalannya dari Google Chrome dan Microsoft Edge dalam hal dukungan terhadap virtual reality (VR), yang akan tersedia di Firefox 55.

Dukungan web berbasis VR di Firefox ini akan tersedia untuk semua pengguna Windows yang mempunyai headset HTC Vive ataupun Oculus Rift. Dukungan ini sebelumnya sudah lama digarap oleh Mozilla dengan standardisasi bernama WebVR.

WebVR membuat browser bisa diadaptasi ke pengalaman virtual reality. Fitur ini sendiri sebenarnya sudah tersedia dan bisa dicoba di Firefox Nightly, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (8/8/2017).

Meski begitu, tetap saja Firefox masih kalah dibanding kompetitor terbesarnya, yaitu Chrome. Browser buatan Google itu sudah mendukung penggunaan VR sejak Februari lalu, dan saat ini menjadi browser yang paling mudah diakses di platform VR.

Chrome saat ini bisa dipakai untuk menikmati konten VR melalui HTC Vive, Oculus Rift, dan tentu saja platform VR buatannya sendiri, yaitu Cardboard dan Google Daydream.

Namun Firefox 55 tak melulu soal WebVR, ada juga fitur bernama Firefox Screenshot, yang bisa otomatis menyimpan screenshot ke cloud dan mengkompinya ke clipboard. Screenshot yang sudah diambil itu akan tersimpan selama dua minggu, kecuali penggunanya ingin menyimpannya lebih lama. (asj/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed