Menyulap Ponsel Android Jadi Game Boy

Menyulap Ponsel Android Jadi Game Boy

ADVERTISEMENT

Menyulap Ponsel Android Jadi Game Boy

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Selasa, 08 Agu 2017 08:17 WIB
Foto: Internet
Jakarta - Era game retro memang tidak ada matinya. Beragam emulator game jadul seru bisa diunduh di PC dan perangkat smartphone. Namun, aksesoris SmartBoy buatan Hyperkin ini bikin pengalaman main game retro makin asyik.

SmartBoy tak lain adalah aksesoris smartphone yang mampu menyulap smartphone Anda menjadi layaknya perangkat Game Boy. Ide pembuatan SmartBoy padahal terjadi secara tidak sengaja.

Berawal dari candaan April Fool dua tahun lalu, SmartBoy ternyata mendapat tanggapan yang positif dari gamer dan netizen dari belahan dunia. Karena mendapat dorongan yang positif, Hyperkin pun akhirnya serius membuat SmartBoy.

SmartBoy sendiri hanya bisa dipakai untuk smartphone berbasis sistem operasi Android. Antara ponsel dengan SmartBoy tersambung dengan port USB Type-C. Karenanya, hanya ponsel dengan USB Type-C yang bisa menggunakan aksesoris ini.

Menyulap Ponsel Android Jadi Game BoyFoto: Internet


Untuk menjalankannya, pengguna harus menguduh terlebih dahulu aplikasi SmartBoy yang tersedia di Google Play Store. Setelah itu, pengguna wajib menginstall aplikasi emulator yang dalam hal ini pihak Hyperkin menyarankan aplikasi My Old Boy!.

Pada intinya SmartBoy mengubungkan smartphone melalui emulator dengan cartridge atau kaset lawas Game Boy dan Game Boy Colour Anda. Belum diketahui secara pasti apakah bisa menggunakan ISO download-an atau memang hanya berjalan dengan game cartridge.

Namun yang pasti untuk membeli SmartBoy dibutuhkan kocek yang tidak sedikit. Dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (8/8/2017), SmartBoy dibanderol USD 50 atau setara Rp 600 ribu. (mag/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT