Sabtu, 22 Jul 2017 06:55 WIB

AMD Ryzen 3 Siap Unjuk Gigi di Akhir Juli

Yudhianto - detikInet
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kabar gembira untuk pengguna PC yang ingin merasakan performa AMD Ryzen namun hanya punya budget terbatas. Tidak lama lagi varian termurah prosesor ini, AMD Ryzen 3, akan segera unjuk gigi.

AMD menghadirkan Ryzen 3 untuk segmen menengah bawah. Produsen chip asal Sunnyvale, Amerika Serikat ini membuat proseseor tersebut dalam dua varian, yakni Ryzen 3 1300X dan 1200.

Keduanya sama-sama mengusung teknologi quad core dan meminta sedotan daya yang kabarnya berada di kisaran 65 watt. Tapi untuk kecepatan clock, Ryzen 1300X lebih perkasa.

Ryzen 1300X menyodorkan kecepatan sebesar 3,5 GHz dalam mode standar dan mencapai 3,7 Ghz ketika mode turbo aktif. Sementara 1200 dibekali kecepatan clock 3,1 Ghz, dan bisa terdongkrak hingga 3,4 GHz dalam mode turbo.

Bicara harga, kedua prosesor dilepas dengan banderol yang menggoda, terutama untuk Ryzen 1200. AMD akan melepas prosesor ini di kisaran USD 109 atau sekitar Rp 1,4 juta (USD 1 = Rp 13.300).

Sementara 1300X, konsumen hanya perlu menambah sedikit dana. AMD menghargainya di angka USD 129 atau senilai Rp 1,7 jutaan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima detikINET, Minggu (22/7/2017), AMD akan mulai memasarkan akhir Juli ini. Sayangnya belum ada informasi detail kapan prosesor ini akan mendarat di Indonesia.

Tapi bila mengacu pada pernyataan salah satu petinggi AMD Indonesia beberap waktu lalu, kedua varian Ryzen 3 sudah akan menjejaki pasar di Tanah Air tidak lama setelah dipasarkan secara global.

"Direncanakan Ryzen 3 masuk Indonesia pada bulan Agustus ini. Semoga saja bila tak ada hambatan," kata Anes Budiman, Channel Manager GPU AMD Indonesia, di sela-sela peresmian gama center Meta Gaming 2, di Bekasi. (yud/afr)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed