Jumat, 21 Jul 2017 09:12 WIB

Windows 10 Anyar Tak Dukung Intel Atom

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Microsoft tak akan memberikan pembaruan Windows 10 terbaru (Creator Update) untuk PC/laptop yang menggunakan prosesor Intel Atom Clover Trail.

Meski kebanyakan laptop yang menggunakan prosesor tersebut kebanyakan berasal dari zaman Windows 8, Microsoft sebenarnya masih cukup baik dengan memberikan pembaruan gratis ke Windows 10. Namun pembaruan itu kini terhenti, karena masalah driver yang tak kompatibel.

"(Creator Update) membutuhkan tambahan dukungan hardware untuk memberikan pengalaman paling baik saat mendapat pembaruan fitur Windows 10, yaitu Windows 10 Creator Update," ujar juru bicara Microsoft.

"Sistem ini tak lagi didukung oleh Intel, dan tanpa dukungan driver yang mencukupi, mereka akan tak mampu menggerakkan Windows 10 Creator Update tanpa dampak performa yang potensial," tambahnya.

Namun Microsoft tak serta merta melupakan perangkat dengan prosesor tersebut. Mereka masih menawarkan Windows 10 Anniversary Update untuk perangkat berprosesor Intel Clover Trail, dan menjanjikan akan memberi dukungan pembaruan keamanan sampai Januari 2023.

Saat pertama diperkenalkan, perangkat dengan prosesor Intel Atom menawarkan daya tahan baterai yang bagus untuk perangkat yang mungil dan murah dengan OS Windows 8.1. Namun karena performanya yang terbatas, kebanyakan konsumen memilih membeli perangkat dengan prosesor Intel Core.

Intel pun kemudian menyerah dan menyetop pengembangan Intel Atom pada 2016 lalu, termasuk jajaran prosesor Intel untuk perangkat mobile, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (21/7/2017). (asj/afr)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed