Kamis, 20 Jul 2017 15:53 WIB

Apple Daftarkan Paten Panggilan Darurat Lewat Sidik Jari

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Fungsi sensor sidik jari hingga saat ini masih sebatas membuka kunci atau sandi dari ponsel itu sendiri. Apple pun mencoba untuk memanfaatkan sensor sidik jari lebih dari sekadar itu, yakni melakukan panggilan darurat 911.

Nomor darurat--tergantung masing-masing negara--biasanya hanya terdiri dari tiga digit angka. Meski mudah untuk dipijit, terkadang di kala panik beberapa orang merasa kesulitan untuk menelepon nomor darurat.

Inilah sebabnya, mengapa Apple ingin menempatkan fungsi sensor sidik jari untuk panggilan nomor panggilan darurat 911. Dan mereka kabarnya telah mendaftarkan paten untuk panggilan darurat dengan sensor sidik jari.

Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (20/7/2017), dalam paten dideskripsikan apabila sistem nantinya akan memungkinkan pengguna menyetel sidik jari, pola, atau bahkan tekanan sehingga ponsel akan tahu kapan penggunanya berusaha menghubungi 911 dengan cara menekan tombol Touch ID.

Seperti misalnya, Anda biasa membuka (unlock) ponsel dengan jempol, tapi nanti mungkin Anda bisa menggunakan jari yang lain untuk mengaktifkan panggilan 911.

Pun bisa melakukan panggilan darurat, adakalanya Anda merasa tidak nyaman untuk berbicara, mungkin sedang dalam situasi ditahan. Nah, nantinya sistem akan membantu mengirim informasi terkait lokasi pengguna berada.

Tak cukup sampai di situ, paten juga berbicara mengenai potensi menghapus data dari ponsel, yang berguna bila ponsel dicuri. Sayang, teknologi ini baru sebatas paten. Belum dipastikan kapan meluncur. (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed