Ajaib! Baterai Antik Jaman Perang Dunia II Masih Berfungsi

Ajaib! Baterai Antik Jaman Perang Dunia II Masih Berfungsi

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Minggu, 02 Jul 2017 15:15 WIB
Foto: Twitter
Jakarta - Yang namanya baterai pasti memiliki umur atau jangka waktu pemakaian. Tapi, siapa sangka jika baterai antik berumur puluhan tahun ini masih bisa berfungsi?

Seorang netizen di Jepang beberapa waktu lalu mengunggah foto di Twitter yang memperlihatkan sebuah baterai yang ditaksir berusia lebih 70 tahun. Baterai berukuran besar itu disebut diproduksi pada masa Perang Dunia II.

Tidak hanya foto, netizen dengan akun Twitter bernama @hieiteitoku1121 ini juga mengunggah video penggunaan baterai. Di video tersebut tampak @hieiteitoku1121 menggunakan baterai untuk menghidupkan kalkulator modern yang ajaibnya kalkulator tersebut berhasil menyala.

Saksikan video 20detik mengenai Baterai Antik di sini:


"Kalkulatorku bekerja dengan baterai nyaris berusia 100 tahun. Sepertinya masih menghasilkan tenaga," kicau @hieiteitoku1121, dikutip detikINET dari Rocket News 24, Minggu (2/7/2017).



Sontak postingan @hieiteitoku1121 sempat bikin geger dunia maya di Jepang. Mereka kaget dan tidak menyangka apabila baterai lawas yang wujudnya saja tidak meyakinkan, tapi masih menghasilkan tenaga.

Tidak sedikit netizen yang memperdebatkan umur baterai. Ada yang menyebut bahwa baterai diyakini dibuat tahun 1918.

Namun, bila mengacu dari tulisan kanji di baterai yang ditulis dengan gaya modern, yakni dari kiri ke kanan, maka dipercaya bila baterai dibuat tahun 1940. Dan bila Anda penasaran dengan ukurannya, gambar di atas menunjukan bahwa baterai punya ukuran yang 'segede gaban'. (mag/mag)