Rabu, 14 Jun 2017 08:23 WIB

AMD Ryzen 9 Bertenaga 16 Core Meluncur Juli

Yudhianto - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - AMD disebut-sebut tengah menyiapkan prosesor yang kastanya lebih tinggi dari Ryzen 7. Informasinya bilang prosesor tersebut akan dinamai Ryzen 9 dan punya 16 core!

Prosesor ini mengusung sandi Threadripper, dan bisa dipastikan segmen yang ditujunya adalah kalangan antusias PC. Tercatat ada sebanyak 9 varian yang kabarnya telah disiapkan AMD untuk menjawab kebutuhan pengguna di segmen tersebut.

Adapun varian paling rendah menyodorkan teknologi 10 core, kemudian 12 core, 14 core, dan yang paling teratas adalah 16 core. Sebagian besar varian Ryzen 9 akan dibekali fitur SMT, yang mampu menggandakan jumlah thread atau core secara virtual. Alhasil, jumlah thread yang dikenali oleh sistem akan mencapai 20 thread, 24 thread, 28 thread, dan 32 thread.

Fitur SMT sendiri bisa dibilang mirip dengan Hyper Threading kepunyaan Intel.
Sebagai varian teratas yang punya 16 core atau 32 thread, AMD menamainya sebagai Ryzen 1998X. Prosesor ini punya kecepatan clock 3,5 Ghz dan menyentuh 3,9 GHz ketika mode turbo aktif. Sedangkan konsumsi daya yang dibutuhkan berada di kisaran 155 watt.

Tak seperti seri AMD Ryzen lainnya yang mengandalkan soket AM4, Ryzen 9 juga disebut mengusung soket terbaru yang dinamai TR4. Sementara chipset mainboard yang disiapkan AMD adalah X399.

Meski menyiapkan 9 varian Ryzen 9, seperti detikINET kutip dari Tech Power Up, Selasa (13/6/2017), AMD tidak akan langsung meluncurkannya ke pasaran secara bersamaan. Pada awalnya produsen chip ini disebut akan merilis 4 varian Ryzen 9, yang terdiri dari 2 varian 12 core dan 2 varian 16 core.

AMD disebut akan mulai merilsinya ke publik pada bulan Juli ini, tepatnya di 27 Juli.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed