Kamis, 08 Jun 2017 15:10 WIB

Menjajal Drone Mini DJI Spark, Seperti Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - DJI sudah merilis Spark di Indonesia, dan fitur yang dijagokan dari drone mini tersebut adalah kendali menggunakan lambaian tangan tanpa remote control. Seperti apa cara penggunaannya?

Pengendalian Spark menggunakan telapak tangan ini bernama Gesture Mode, dan cara penggunaannya terbilang mudah meski tak banyak manuver yang bisa dilakukan dalam mode ini.

Untuk mengaktifkan mode ini, caranya dengan memegang Spark dengan satu tangan dan kameranya menghadap wajah serta menyalakan powernya. Lalu cukup menekan tombol Intelligent Flight Battery power sebanyak dua kali, jika sukses lampu di bagian depan akan berwarna kuning dan berkedip lambat.

Menjajal Drone Mini DJI Spark, Seperti Apa?Foto: Hasan Al Habshy
Fitur bernama FaceAware akan bekerja secara otomatis setelah ada bunyi bip dua kali dan lampu depan berubah menjadi hijau dan menyala selama 6 detik. Setelah itu, saat Spark diletakkan di atas telapak tangan, ia akan otomatis terbang.

Saksikan video 20detik tentang DJI Spark di sini:



Setelah terbang, membuat Spark bergeser ke kiri dan ke kanan bisa dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah Spark, dan mengayunkan telapak tangan ke kiri atau kanan. Melambaikan tangan ke arah Spark akan membuatnya terbang mundur dan menjauh sekitar 2 meter.

Menjajal Drone Mini DJI Spark, Seperti Apa?Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Sementara untuk mengambil selfie, kita cukup membuat bingkai menggunakan jempol dan telunjuk kiri dan kanan. Jika sudah puas, untuk memanggil agar Spark mendekat bisa dilakukan dengan membentuk huruf Y dengan tangan kiri dan kanan. Lalu kita bisa lebih mendekat dan meletakkan telapak tangan di bawah Spark untuk membuatnya mendarat.

Menjajal Drone Mini DJI Spark, Seperti Apa?Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Untuk saat ini, Gesture Mode belum mendukung untuk perekaman video. Namun menurut pihak DJI, tak menutup kemungkinan di masa yang akan datang fitur tersebut ditambahkan ke dalam Spark. (asj/fyk)