MacBook Punya Kartu Grafis Eksternal, Pakai Radeon RX 580 8 GB!

MacBook Punya Kartu Grafis Eksternal, Pakai Radeon RX 580 8 GB!

Yudhianto - detikInet
Selasa, 06 Jun 2017 16:22 WIB
Foto: @russellholly
Jakarta - Dengan desain yang dimiliki, MacBook memang bukan laptop gaming. Tapi perangkat yang baru saja diluncurkan Apple dipastikan menjawab keinginan gamer di platform MacOS.

Sejak dulu MacBook sendiri lebih identik sebagai laptop produktivitas. Penggunanya biasa memanfaatkannya untuk menangani pekerjaan sehari-hari. Tapi itu dulu, sekarang MacBook bahkan mampu menyodorkan kemampuan virtual reality (VR).

Hal itu dimungkinkan berkat perangkat pendukung untuk MacBook yang diumumkan Apple di gelaran WWDC 2017.

Adalah kartu grafis eksternal, perangkat yang dimaksud. Perangkat ini memungkinkan MacBook menangani komputasi grafis yang lebih berat dari biasanya. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah, pengguna MacBook hanya perlu menancapkannya ke port thunderbolt 3 yang tersedia.

Selanjutnya pengguna MacBook bisa menghubungkan kartu grafis eksternal tersebut ke layar yang lebih besar, atau bahkan dihubungkan ke kacamata VR. Apple sendiri menyertakan HTC Vive untuk membuktikannya.

Kartu grafis yang tertanam dalam perangkat ini juga tak main-main. Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (6/6/2017), Apple disebut menanamkan kartu grafis AMD Radeon RX 580 dengan kapasitas VRAM mencapai 8 GB!

Tapi pastikan Anda punya pasokan daya yang cukup, karena kartu grafis eksternal ini butuh daya sebesar 350 watt untuk beroperasi.

Tertarik memboyongnya? Kalau begitu Anda wajib menyiapkan dana senilai USD 600 atau sekitar Rp 8 juta (USD 1 = Rp 13.300). Bila mau ditambah HTC Vive, maka tambahkan lagi USD 100 atau senilai Rp 1,3 juta.

(yud/fyk)