Jumat, 02 Jun 2017 19:27 WIB

Bapak Android Siapkan Pesaing Google Glass?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Google Glass Ilustrasi Google Glass
Jakarta - Selain ponsel anyar dan aksesoris rumah pintar, Bapak Android Andy Rubin sepertinya tengah menyiapkan sebuah perangkat anyar yang akan jadi pesaing Google Glass.

Hal ini terungkap dari sebuah pendaftaran paten yang dilakukan oleh Essential, yaitu sebuah kacamata pintar yang dilengkapi dengan sebuah kamera dan layar, namun berbentuk seperti kacamata pada umumnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (2/6/2017).

Dalam pendaftaran patennya, kacamata Essential ini disebut bisa dibuat sesuai dengan lensa kacamata dari resep dokter dan berbagai jenis lensa kacamata lain. Lalu ada fitur dual mode display, yang bisa menampilkan gambar di atas gambar, juga penggunaan kamera yang mengarah ke mata untuk mendeteksi gerakan bola mata.

Selain itu kacamata ini juga bisa digunakan untuk augmented reality (AR), contohnya mencocokkan harga produk di sebuah toko. Contohnya, ketika pengguna melihat sebuah barang di supermarket, kacamata ini akan memindai barcode yang ada, lalu mencari opsi toko lain yang menjual barang sama dengan harga lebih murah.

Tentulah kacamata ini masih berupa konsep, dan bahkan mungkin produk demonya pun ada. Namun melihat keseriusan Essential dalam menggarap bisnis perangkat kerasnya, bukan tak mungkin kacamata pintar ini nantinya menjadi kenyataan.

Rubin sendiri dalam sebuah wawancara dengan majalah Wired membela Google Glass. Menurutnya teknoloti tersebut bukan gagal karena jelek, namun masyarakat yang belum siap menggunakan teknologi semacam itu. Mengapa Rubin mengangkat hal tersebut dalam wawancara? Bisa saja karena Essential memang sedang menggarap teknologi yang sama dengan Google Glass. (asj/fyk)