Kamis, 01 Jun 2017 10:20 WIB

DJI Spark Diprediksi Jadi Drone Paling Laris

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: dok. DJI Foto: dok. DJI
Jakarta - DJI belum lama ini merilis drone anyar bernama Spark, yang berukuran sangat kecil. Drone ini diprediksi jadi drone DJI yang paling laris.

Saksikan video 20detik tentang Drone DJI di sini:


Hal ini diungkapkan Suhardi, yang merupakan pemilik DJI Authorized Retail Store PIM 2. Menurutnya, sampai saat ini penjualan drone DJI di tokonya masih didominasi seri Phantom dan Mavic.

Pihaknya saat ini baru membuka pemesanan untuk Spark, yang dijual dengan harga sekitar Rp 7,6 juta. Dan lama pemesanannya sendiri diprediksi sekitar 3-4 minggu, jadi sebulan ke depan Spark seharusnya sudah mulai tersedia.

"Nanti kalau Spark sudah masuk, bakal itu yang pasarnya paling besar. Terutama cewek-cewek yang suka selfie, pasti suka Spark," ujar Suhardi yang ditemui detikINET di Pondok Indah Mall 2, dalam acara buka puasa bersama.

Suhardi sendiri mengaku saat ini baru menerima sekitar 10 pemesan Spark di tokonya. Namun ia menyebut masih banyak yang memesan Spark dalam jumlah besar untuk dijual kembali, jadi kalau ditotal jumlah pemesannya sudah ratusan.

"Kalau hari ini masuk 100 unit juga pasti langsung habis diborong," ujarnya. Unit demo Spark sendiri menurutnya sudah bisa dicoba di toko miliknya mulai awal Juni.

Seperti diketahui sebelumnya, meski mungil Spark memiliki fitur yang sangat menarik. Spark disebut menjadi drone pertama dari DJI yang bisa dikendalikan dengan menggunakan gestur tangan. Dengan demikian, DJI mengklaim bila Spark akan sangat mudah dikendalikan bahkan oleh orang yang belum berpengalaman menerbangkan drone sekalipun.

Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET

Spark secara otomatis akan memasuki Gesture Mode sesaat setelah diterbangkan dari telapak tangan. Ada beberapa kendali yang dihadirkan, seperti PalmControl untuk mengendalikan drone agar naik ke atas, mengambil foto selfie, hingga memanggil kembali drone.

Karena bentuknya mungil dan ringan (hanya sekitar 300 gram), Spark bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana dan dimasukkan ke dalam tas. Selain bisa dikendalikan dengan gestur tangan, Spark juga bisa diterbangkan dengan remote controller atau perangkat mobile.

Spark bisa mencapai kecepatan 31 mil per jam. Untuk spesifikasi kameranya, Spark dilengkapi dengan sensor 1/2,3 CMOS 12 MP yang bisa mengambil video dalam resolusi 1080p Full HD). Baterainya hanya bisa mengakomodir penerbangan maksimum 16 menit. (asj/mag)