BERITA TERBARU
Kamis, 18 Mei 2017 14:17 WIB

Laporan dari Mountain View

Android Go, Si Ramah Buat Ponsel Murah

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Google Foto: Google
Mountain View - Android One saja tak cukup bagi Google untuk merangkul lebih banyak orang menggunakan smartphone dan internet. Di konferensi I/O 2017, Google mengumumkan Android Go.

Saksikan video 20detik mengenai Google I/O 2017 di sini:


Android Go sendiri adalah versi ringan dari Android O. Platform ini akan dioptimalkan untuk bekerja di ponsel murah dengan spesifikasi rendah, terutama ponsel dengan kapasitas RAM 512 MB sampai 1 GB.

Android Go, Si Ramah Buat Ponsel MurahFoto: Google

Semua perangkat Android dengan spesifikasi RAM 1GB atau di bawahnya, nantinya akan secara otomatis menggunakan konfigurasi Android Go. Sebagai versi ringan dari Android O, semua aplikasi yang ada di dalamnya nantinya akan dioptimalkan agar tidak boros data.

Misalnya YouTube Go, memungkinkan pengguna melihat preview sebelum mendownload-nya. Google Play Store-nya pun didesain meng-highlight aplikasi-aplikasi yang cocok untuk Android Go.

Android Go, Si Ramah Buat Ponsel MurahFoto: Google

Android Go bukan satu-satunya upaya Google untuk menggaet lebih banyak pengguna terhubung ke internet. Ide connecting to the billions' yang diusungnya memang menyasar pasar berkembang dengan perangkat murah. Sebelumnya, Google juga punya Android One.

Selain itu, Google kini juga punya website khusus developer yang dinamakannya 'Building for Billions'. Halaman ini akan membantu para developer mengoptimalkan aplikasi mereka di ponsel low end yang spesifikasinya terbatas dan sering dipakai di kondisi minim data.

Android Go, Si Ramah Buat Ponsel MurahFoto: Google
(rns/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed