BERITA TERBARU
Rabu, 17 Mei 2017 11:06 WIB

Tinggalkan LCD, Ponsel LG Beralih ke Layar OLED

Anggoro Suryo Jati - detikInet
LG G6. Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi LG G6. Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - LG diperkirakan tak akan lagi menggunakan panel LCD pada ponsel-ponsel premiumnya yang akan datang -- kemungkinan V30 -- dan menggantinya dengan panel OLED.

Setelah V30, penggunaan panel anyar ini akan dilakukan di G7, yang merupakan penerus G6. Langkah semacam ini sudah diterapkan oleh Samsung sejak lama, di mana panel OLED bisa menghasilkan warna yang lebih hidup dan warna hitam yang lebih dalam ketimbang panel LCD.

Kebanyakan vendor ponsel sendiri sampai saat ini masih banyak yang menggunakan panel LCD. Sebut saja Apple, HTC, LG dan banyak pabrikan lainnya. Namun kebanyakan vendor ponsel memang sudah berencana untuk berpindah ke panel OLED di ponsel-ponselnya.

Sebut saja Apple yang disebut akan menggunakan OLED di iPhone 8, sementara iPhone 7S masih akan menggunakan panel LCD. Sementara Google sudah menggunakan panel OLED di Pixel, yang diproduksi oleh HTC.

Penggunaan panel OLED ini juga adalah salah satu syarat untuk ponsel agar bisa menggunakan platform Daydream besutan Google. Dan sepertinya itulah yang diincar LG dengan menggunakan OLED di V30.

Untuk mendapat pasokan panel OLED, LG diperkirakan akan memanfaatkan 'saudaranya', yaitu LG Display. Sama seperti Samsung yang memanfaatkan Samsung Display untuk menyuplai komponen tersebut.

"Kebanyakan layar OLED yang diproduksi LG Display di pabrik Gumi E5 pada pertengahan tahun kedua akan digunakan di smartphone buatan LG Electronic yang dimulai dari V30," ujar seorang sumber.

Sementara sebagian panel OLED yang sudah diproduksi akan dikirimkan ke sebuah pabrikan ponsel asal China yang membutuhkan alternatif pemasok panel OLED selain Samsung, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (17/5/2017). (asj/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed