Sabtu, 13 Mei 2017 18:19 WIB

Orang Indonesia Pertimbangkan Fitur Ketimbang Harga Ponsel

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: afr/detikINET Foto: afr/detikINET
Jakarta - Beberapa tahun lalu, harga menjadi pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam membeli ponsel. Tapi kini lebih melihat pada fitur.

Hal tersebut diungkap oleh Media Engagement Oppo Indonesia Aryo Meidianto saat penjualan perdana ponsel F3 di Mal Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Dia mengatakan masyarakat saat ini lebih mencari ponsel yang dapat mendukung kehidupannya. Jika fitur yang tawarkan sesuai dan dibutuhkan, mereka akan membeli ponsel tersebut.

Nama brand ikut pula menjadi pertimbangan. Jika brand tersebut sudah dikenal akan kualitasnya, maka akan menjadi pilihan utama konsumen.

"Seperti Oppo, sudah dikenal akan kemampuan kamera selfie. Jadi saat membeli ponsel selfie, mereka langsung mengarah ke Oppo," klaim Aryo.

Orang Indonesia Pertimbangkan Fitur Ketimbang Harga PonselMedia Engagement Oppo Indonesia Aryo Meidianto (kiri). Foto: afr/detikINET
Untuk menguatkan pernyataannya tersebut, Aryo pun membeberkan jumlah penjualan awal Oppo F3. Selama masa pemesanan awal 4-12 Mei, ponsel tersebut terjual 30 ribu unit. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi ketimbang F1s yang harganya jauh lebih murah.

"F1s terjual 17 ribu unit, sementara F3 30 ribu unit. Harga F1s Rp 3,799 juta, sedangkan F3 Rp 4,399 juta. Karena mereka percaya kualitas ponsel Oppo, konsumen rela mengeluarkan lebih," umbarnya.

Pria berkacamata itu juga mengungkap Jakarta menjadi kota dengan penjualan tertinggi ponsel F3. Diikuti Surabaya, Tangerang, Bekasi dan Palembang.

Bicara Oppo F3 sendiri, ponsel ini resmi diperkenalkan 4 Mei lalu. F3 masih mengandalkan kamera selfie wide angle dengan sudut 120 derajat untuk group selfie.

Perbedaan utama F3 dan F3 Plus adalah ukuran layarnya. F3 mengusung layar 5,5 inch dengan resolusi Full HD dan dibalut Gorilla Glass 5, sementara prosesornya mempunyai 8 core.

Adapun kapasitas RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Oppo menyediakan slot MicroSD yang mendukung hingga 128 GB.

Seperti F3 Plus, Oppo menyematkan kamera selfie ganda berukuran 16 MP dan 8 MP. Sementara kamera belakangnya 13 MP.

Untuk baterainya sendiri berkapasitas 3.200 mAh. Tersedia juga koneksi 4G VoLTE, WiFi dan Bluetooth 4.1.

(afr/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..