Selasa, 09 Mei 2017 07:50 WIB

Speaker Pintar Bisa Jadi Kejutan Apple

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Perangkat pintar tak cuma hadir untuk ponsel dan jam tangan. Dalam beberapa tahun ke belakang pengeras suara atau speaker pun jadi sasaran inovasi teknologi.

Disebut pintar karena speaker tersebut dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah artificial intelligence (AI). Dengan AI tadi, speaker bisa mengenali suara dan melakukan apa yang diperintahkan, seperti misalnya mencari lagu yang diinginkan dan lain-lain.

Beberapa perusahaan, seperti misalnya Google dan Amazon, sudah punya speaker pintar masing-masing. Bahkan hingga Harman Kardon dilaporkan tengah menggarap perangkat serupa yang dilengkapi dengan asisten digital Cortana milik Microsoft. Meski canggih, sayangnya parade speaker itu tidak dilengkapi dengan layar.

Padahal menurut SVP of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, speaker pintar seharusnya bisa ada improvisasi dengan layar. "Jadi, ada banyak momen di mana asisten suara sangat bermanfaat. Tapi bukan berarti Anda tidak menginginkan layar," tutur Schiller dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (9/5/2017).

Schiller pun memberi contoh bilamana dirinya ingin mengetahui arah. "Sebagai contoh jika aku mencari arah dan aku menggunakan Maps, Siri bisa memberi tahu di mana arah tersebvut dengan suara dan itu sangat membuat nyaman. Tapi, alangkah lebih baiknya bila aku bisa melihat peta dan aku bisa melihat apa yang terjadi," terangnya.

Sayang, ucapan Schiller tadi hanya sebagai pengandaian. Ia tidak memberi tahu apakah Apple bakal menghadirkan speaker pintar dengan layar atau tidak. Apple sendiri dikabarkan bakal memperkenalkan smart speaker di ajang WWDC bulan depan.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed