BERITA TERBARU
Senin, 08 Mei 2017 15:07 WIB

iPhone 8 Gusur Sensor Sidik Jari ke Belakang?

Yudhianto - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Niat Apple yang ingin membenamkan pemindai sidik jari di balik layar tampaknya sulit diwujudkan dalam waktu dekat. Apalagi belakangan muncul penampakan iPhone 8 dengan pemindai sidik jari di bodi belakang.

Saksikan video 20detik tentang iPhone 8 di sini:


Apple bisa dibilang punya tujuan sama dengan Samsung, yakni berusaha menyodorkan ponsel terbaru dengan layar yang mendominasi dan tanpa bezel. Pada bocoran gambar render yang baru saja dibocorkan JPMorgan, Apple bahkan hanya menyisakan sedikit ruang untuk bezel atas dan bawah. Mirip seperti yang hadir di Galaxy S8.

Secara desain apa yang direncanakan Apple dan telah diwujudkan Samsung memang menjanjikan karena revolusioner, tapi di balik itu nyatanya harus ada bagian yang dikorbankan.

Di Galaxy S8, Samsung menempatkan posisi pemindai sidik jari di lokasi yang bisa dibilang awkward. Produsen Korea Selatan ini memposisikan pemindai sidik jari di sebelah kamera. Alhasil lensa kamera pun bakal sering ternoda bekas sidik jari pengguna yang sebenarnya ingin mengakses pemindai sidi jari.

Tapi bukannya tanpa alasan Samsung meletakkan pemindai sidik jari Galaxy S8 di posisi yang tak wajar tersebut. Mengacu pada informasi yang sebelumnya beredar, Samsung dikatakan telah bekerja keras bersama Synaptics untuk mewujudkan pemindai sidik jari di balik layar.

Namun sampai batas waktu, rencana itu tak kunjung terwujud sehingga Samsung 'terpaksa' menempatkan pemindai sidik jari di posisi yang tak wajar.

Menariknya, seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Senin (8/5/2017), hal yang sama sepertinya juga berlaku untuk Apple. Produsen ini juga punya yang sama dengan Samsung, yakni menempatkan pemindai sidik jari di balik layar.

Tapi rencana ini tampaknya tak mudah diwujudkan. Meski sejumlah bocoran iPhone 8 menunjukkan posisi pemindai sidik jari di balik layar, aslinya Apple disebut kesulitan mewujudkan inovasi ini. Kalaupun bisa, Apple masih butuh lebih banyak waktu. Sementara deadline untuk iPhone 8 sudah semakin dekat.

Oleh karenanya, belakangan muncul bocoran terbaru penampakan bodi belakang iPhone 8. Ironisnya, turut telihat bagian yang diduga sebagai pemindai sidik jari di bodi belakang tersebut, seperti halnya di Galaxy S8.

iPhone 8 Gusur Sensor Sidik Jari ke Belakang?Foto: istimewa
Untungnya dibanding ponsel Samsung tersebut, pemindai sidik jari di bodi belakang iPhone 8 lebih wajar. Apple menempatkan posisi pemindai sidik jari persis di bawah logo kebanggaan Apple di ponsel besutannya.

Meski lebih enak dilihat ketimbang Samsung, pindahnya pemindai sidik jari yang notabene sekaligus sebagai tombol home di iPhone seakan mencoreng ciri khas ponsel Apple. Tapi apapun itu kita harus menunggu sampai iPhone 8 benar-benar diluncurkan.

(yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed