Microsoft Blokir Emulator Game dari Windows Store

Microsoft Blokir Emulator Game dari Windows Store

ADVERTISEMENT

Microsoft Blokir Emulator Game dari Windows Store

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Sabtu, 08 Apr 2017 17:31 WIB
Ilustrasi Windows Foto: internet
Jakarta - Hadirnya emulator game seolah menjadi alternatif sekaligus obat rindu gamer ketika memainkan game-game lawas, semisal emulator NES atau PlayStation One. Hanya saja, Microsoft nyatanya tak menyukai hal ini.

Melalui pengumuman terbaru, Microsoft mengeluarkan kebijakan di mana pihaknya tak segan untuk mem-ban segala macam bentuk emulator game yang muncul di platform Windows Store. Tak cuma memblokir, Microsoft juga menghapus emulator yang sudah terlanjur hadir di sana.

"Aplikasi yang meng-emulate sistem game tidak diperbolehkan di keluarga perangkat," tulis Microsoft dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (8/4/2017). Ini bisa diartikan bahwa Anda kini tak lagi bisa menemukan bahkan sampai menginstall aplikasi di perangkat dengan sistem operasi Windows.

Walau begitu, karena sistem operasi Windows memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi dari sumber luar, jadi pengguna mungkin bisa mencari alternatif lain di luar Windows Store.

Kebijakan ini berlaku sejak tanggal 29 Maret 2017 lalu. Beberapa gamer melaporkan sejumlah aplikasi emulator menghilang, termasuk Nesbox. Aplikasi emulator untuk Nintendo dan SEGA ini menjadi salah satu yang populer di Windows Store.

Nesbox memungkinkan pengguna Windows 10 bermain game, bahkan bisa dengan menggunakan kontroler Xbox One. (mag/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT