BERITA TERBARU
Jumat, 31 Mar 2017 08:15 WIB

iPhone 7 Akhirnya Resmi Dijual di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Ad Foto: Ad
Jakarta - Setelah dirilis September 2016 lalu, iPhone 7 dan 7 Plus akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia, di akhir Maret 2017 ini. Kehadirannya turut menjadi penanda kembalinya Apple ke pasar ponsel Tanah Air.

Duo iPhone terbaru masih mengusung ukuran yang sama dengan pendahulunya. iPhone 7 memiliki layar 4,7 inch dan iPhone 7 Plus punya layar 5,5 inch.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu menyematkan chipset A10 Fusion yang memiliki 3,3 miliar transistor. Ini membuat performanya 40% lebih kencang ketimbang A9 yang digunakan pada iPhone 6S.



Apple turut menyematkan GPU baru. Kinerjanya diklaim 50% dibanding A9 yang dipakai iPhone 6S dan 6S Plus atau tiga kali lebih ngebut dari A8.

Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook turut pula meningkatkan kemampuan kamera. iPhone 7 dan 7 Plus dibekali sensor berukuran 12 megapixel dan dilengkapi fitur OIS dan dua tone flash yang terdiri dari empat LED.

Khusus iPhone 7 Plus, Apple menghadirkan dua kamera di bagian belakang. Satu kamera untuk wide angle yang setara dengan lensa 28mm dan lensa 56mm yang mereka sebut sebagai lensa tele.

Apple pun mengubah desain speaker di iPhone 7, yaitu adanya stereo speaker yang ditempatkan di atas dan di bawah. Menjanjikan kualitas suara yang lebih mumpuni.

Dan sesuai rumor yang sudah santer beredar, port audio 3,5mm dihilangkan oleh Apple. Jadi penggunanya harus mengkoneksikan earphone-nya melalui port Lightning atau secara nirkabel. Apple pun menyediakan aksesori untuk mengubah port Lightning menjadi port audio 3,5mm.

iPhone 7 Resmi Dijual di IndonesiaFoto: istimewa


Di Indonesia, iPhone 7 akan didistribusikan oleh Erajaya. Selain itu Apple turut menggandeng operator Smartfren dalam memasarkan perangkatnya itu.

iPhone 7 Resmi Dijual di IndonesiaFoto: istimewa


Seperti diketahui, Apple sendiri dalam dua tahun terakhir ini memang kesulitan untuk memasarkan ponselnya secara resmi di Indonesia sejak adanya aturan aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) ponsel 4G yang dirilis 2016 lalu.

Terakhir, ponsel yang mereka pasarkan hanya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 2015 lalu. Namun sejak berlakunya TKDN awal 2017 ini, Apple mau tak mau harus tunduk pada aturan konten lokal 30%.

Dengan diumumkannya iPhone 7 masuk ke Indonesia, bisa diartikan Apple telah memenuhi persyaratan yang dimaksud. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, juga telah memastikan tentang rencana peluncuran iPhone 7 di Indonesia. (afr/rou)
Foto: Ad
Foto: Ad
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati
Foto: detikINET - Anggoro Suryo Jati

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.