Jumat, 17 Mar 2017 11:57 WIB

Perdana! Apple Datang ke Indonesia Luncurkan iPhone 7

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: GettyImages/Justin Sullivan Foto: GettyImages/Justin Sullivan
Jakarta - Apple tak hanya membuka keran penjualan iPhone 7 di Indonesia, tapi juga langsung terbang dari Cupertino, Amerika Serikat, untuk memperkenalkannya secara resmi di Jakarta.

Peluncuran perdana iPhone 7 di Indonesia itu akan dilakukan bersama Smartfren, sebagai satu-satunya mitra operator yang ditunjuk oleh Apple. Keduanya akan memperkenalkan iPhone 7 dan rencana ekspansi Apple di Indonesia.

"Jadi ini adalah pertama kali pihak iPhone sendiri secara resmi launching iPhone-nya di Indonesia, dan mereka menggandeng Smartfren sebagai telco partner-nya," ungkap Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys kepada detikINET, Jumat (17/3/2017).

Merza sendiri belum mau mengungkap, kapan peluncuran perdana itu digelar, dan siapa saja orang Apple yang akan datang meluncurkannya di Indonesia. Namun bisa ditebak, waktunya tentu tak akan jauh-jauh dari hari dibukanya pre-order iPhone 7 mulai 24 Maret 2017 ini.


Perihal harga dan penawaran lainnya, ia pun belum berani bicara karena ada perjanjian antara Smartfren dengan pihak Apple. "Saya bisa kena penalti kalau bicara soal itu sekarang," pungkasnya.

Apple sendiri telah dipastikan oleh Kementerian Perindustrian telah memenuhi kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sesuai Permenperin No. 65/2016.

Untuk memenuhi TKDN 30% melalui skema investasi tersebut, Apple menggelontorkan uang yang cukup besar untuk membangun pusat riset dan pengembangannya di Indonesia.

"Apple memenuhi TKDN lewat skema investasi. Mereka membangun Innovation Center untuk industri software senilai USD 40 juta," ungkap Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawiryawan kepada detikINET, Jumat (17/3/2017).

Angka ini jelas lebih banyak dari yang diberitakan sebelumnya, bahkan dua kali lipat lebih. Karena sebelumnya, Apple kabarnya hanya mau mengeluarkan USD 18 juta untuk investasinya. Itu artinya, pemerintah sukses merayu Apple. (rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed