Pasar PC Melemah Lima Tahun Berturut-turut

ADVERTISEMENT

Pasar PC Melemah Lima Tahun Berturut-turut

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Minggu, 15 Jan 2017 11:20 WIB
Ilustrasi Foto: GettyImages
Jakarta - Melemahnya pasar PC di berbagai negara bukan sebuah hal yang baru. Namun penurunannya ternyata sudah terjadi selama lima tahun berturut-turut.

Laporan melemahnya pasar PC ini dikemukakan oleh dua lembaga analitik ternama, yakni IDC dan Gartner. Baik IDC maupun Gartner menampilkan hasil penelitian yang berbeda-beda. Dari hasil penelitian, di kuartal keempat tahun 2016 IDC memperkirakan bahwa pasar PC menurun sebesar 1,6%, sementara Gartner memprediksi penurunan sebesar 3,7%.

Menurut Gartner, 269,7 juta terjual di tahun 2016 dengan jumlah penjualan lebih spesifik 72,6 juta di kuartal akhir tahun 2016. Angka ini menurut Gartner merosot sekitar 6,2% dari tahun 2015 sehingga membuatnya menjadi tahun kelima merosotnya pasar PC.

Berbeda dengan Gartner, IDC menunjukan data di mana penjualan menurun 1,6% selama tahun ke tahun. Begitu pula dengan pengapalan tahunan yang merosot 5,7%, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (15/1/2017).

Disebut merosot selama lima tahun berturut-turut, sebagai perbandingan di tahun 2011 total penjualan PC berada di angka 365 juta. Jumlah ini tentu jauh berbeda dengan penjualan total PC di tahun 2016 yang hanya berjumlah 269,7 juta.

"Pasar PC yang luas kini menjadi statis, sebagaimana perbaikan di sektor teknologi belum cukup untuk mendorong pertumbuhan pasar secara nyata," ujar Gartner Principal Analyst, Mikako Kitagawa.

Untuk saat ini, Lenovo masih menjadi pemimpin dari semua pengapalan PC. Sedangkan di posisi kedua ada HP dan Dell di posisi ketiga. (mag/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT