BERITA TERBARU
Jumat, 13 Jan 2017 08:37 WIB

Ponsel Anyar HTC Tak Punya Jack Headphone, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: HTC Foto: HTC
Jakarta - Dua ponsel anyar yang baru dirilis HTC tak dilengkapi jack headphone 3,5 mm, seperti yang dilakukan sejumlah pembuat ponsel lain, seperti Apple pada iPhone 7 dan 7 Plus. Apa alasannya?

Menurut HTC, pengalaman mendengarkan lagu dari ponsel sebenarnya bisa lebih tinggi dari sekadar mentransmisikan suara. Dan perusahaan asal Taiwan itu percaya kalau kualitas audio yang lebih tinggi itu hanya dihasilkan dari interkoneksi digital dari port USB-C.

"Kami menghilangkan jack headphone karena kami percaya pengalaman audio di ponsel bisa lebih tinggi dari sekadar transmisi suara yang sederhana. Kemampuan serupa sonar yang dimiliki USonic tak bisa dihadirkan menggunakan jack headphone 3,5mm," tulis HTC dalam pernyataannya.

Dalam paket penjualan U Ultra dan U Play, HTC memberikan sebuah earphone bernama USonic, yang terhubung melalui port USB-C. Earphone ini terlihat serupa dengan earphone yang disertakan HTC dalam paket penjualan Bolt dan 10 Evo.

"Kami menyertakan mikrofon pada kedua earphone yang bisa mendengarkan getaran sonic, yang kemudian bisa menyesuaikan audio untuk sesuai arsitektur telinga yang unik. Kami percaya pasar sudah siap untuk membawa audio ke dalam sebuah inovasi yang menguntungkan pengalaman mendengar bagi kustomer," lanjut HTC.

Jika tak ingin menggunakan earphone bawaan, pengguna U Ultra dan U Play membutuhkan digital to analog converter (DAC) eksternal agar tetap bisa memakai earphone atau headphone kesayangannya.

Tak jelas mengapa HTC tak menggunakan teknologi USonic-nya dan tetap menyertakan jack headphone pada ponsel anyar ini. Namun langkah HTC ini seperti menunjukkan tren di industri ponsel, yang berubah dari port 3,5mm untuk audio menjadi port Lightning dan USB-C, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (13/1/2017). (asj/asj)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed