Android Wear Anyar Dipastikan Meluncur Awal 2017

Android Wear Anyar Dipastikan Meluncur Awal 2017

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Des 2016 11:16 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta - Google akan meluncurkan dua smartwatch flagshipnya pada kuartal pertama 2017. Keduanya akan jadi smartwatch pertama yang mengusung sistem operasi Android Wear 2.0.

Hal ini dikatakan oleh Jeff Chang, Product Manager Android Wear Google. Menurutnya, jam tangan ini tak akan dinamai 'Google' atau 'Pixel', namun akan dinamai sesuai dengan vendor yang memproduksi jam tangan itu.

Sayangnya, Chang enggan menyebutkan perusahaan mana yang digandeng untuk memproduksi dua jam tangan anyar itu. Ia hanya menyebut kalau perusahaan itu sebelumnya sudah pernah memproduksi jam tangan pintar.

Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (23/12/2016), Chang mengatakan kerja sama ini serupa dengan yang dilakukan Google saat memproduksi ponsel Nexus, baik dalam hal tujuan maupun perjanjian kerja samanya.

Selain dua smartwatch anyar ini, sejumlah jam tangan pintar berbasis Android Wear lain juga akan mendapat pembaruan ke Android Wear 2.0. Pembaruan ini mempunyai sejumlah fitur anyar seperti aplikasi yang berdiri sendiri -- tak membutuhkan ponsel --, dukungan Android Pay, dan lainnya.

Tak semua jam tangan Android Wear akan diperbarui ke versi 2.0, karena meski menurut Google sebagian besar di antaranya bisa diperbarui. Pasalnya, ada sejumlah fitur yang membutuhkan dukungan hardware tertentu, contohnya Android Pay yang membutuhkan fitur NFC.

Selain Google, menurut Chang ada banyak perusahaan lain yang akan meluncurkan perangkat anyar dengan OS Android Wear 2.0 selama 2017. Beberapa di antaranya akan diluncurkan di CES 2017 Januari mendatang. (asj/rns)