Jumat, 02 Des 2016 11:10 WIB

Samsung Gear VR 2 Usung Sensor Pelacak Mata?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: detikINET/Yudhianto Foto: detikINET/Yudhianto
Jakarta - Samsung Gear VR menjadi salah satu headset virtual reality mobile terpopuler. Terlepas dari bentuk headset-nya yang nyaman, konten yang ditawarkan juga beragam. Samsung pun dilaporkan ingin memberikan peningkatan pada headset-nya ini.

Peningkatan ini terlihat dari paten terbaru untuk Gear VR. Mengacu dari paten yang diisi sejak bulan Mei 2015 lalu ini, Samsung ingin menghadirkan sensor pelacak mata dan wajah.

Bila paten ini benar diterapkan pada Gear VR terbaru nanti, maka diperkirakan kemampuan headset akan meningkat pesat ketimbang versi sebelumnya. Karena seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (1/12/2016), dengan sensor ini nantinya pengguna Gear VR bisa menjelajah di dalam dunia virtual 3 dengan lebih leluasa.

Paten memperlihatkan bagaimana teknologi pelacak posisi di Gear VR hadir dalam wujud lampu LED dan kamera eksternal. Kamera di dalam headset ini akan memonitor wajah dan mata pengguna, sehingga diharapkan memberikan pengalaman VR yang jauh lebih baik.

Pun paten telah dipublikasikan oleh pihak Samsung, bukan berarti vendor ponsel raksasa asal Korea Selatan ini berencana untuk sungguh mengaplikasikannya. Bisa benar, bisa juga tidak. Tergantung Samsung ke depannya. (mag/fyk)